• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mirip Serum, Ini Beda Essence dengan Produk Skincare Lainnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mirip Serum, Ini Beda Essence dengan Produk Skincare Lainnya

Mirip Serum, Ini Beda Essence dengan Produk Skincare Lainnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 September 2022

“Essence dan serum sama-sama memiliki manfaat untuk menghantarkan bahan aktif ke kulit sebelum mengaplikasikan pelembap. Namun, serum cenderung lebih kuat daripada essence.”

Mirip Serum, Ini Beda Essence dengan Produk Skincare LainnyaMirip Serum, Ini Beda Essence dengan Produk Skincare Lainnya

Halodoc, Jakarta –   Memilih produk skincare yang tepat tidak kalah pentingnya dengan pengaplikasianny sesuai dengan langkah yang seharusnya. Beberapa rangkaian perawatan skincare biasanya akan berbeda-neda, tergantung jenis kulitmu. Beberapa jenisnya antara lain pembersih, toner, eksfoliasi, perawatan jerawat, serum, pelembap. 

Nah, essence  adalah salah satu rangkaian skincare yang sekilas mirip dengan serum namun memiliki perbedaan besar. Dari bentuk teksturnya saja, essence lebih ringan dan kurang terkonsentrasi ketimbang serum. Untuk tahu lebi jauh perbedaannya, simak ulasannya berikut ini! 

Essence Menghidrasi, Serum Menargetkan

Secara tekstur, essence berbeda dengan serum. Selain itu, serum umumnya mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah tertentu. Seperti untuk mencerahkan, menghilangkan bintik hitam, atau garis halus, dan bahan aktif lainnya dengan tingkat konsentrasi lebih tinggi ketimbang krim pelembap.

Biasanya essence direkomendasikan digunakan terlebih dahulu, setelah pembersihan, barulah diikuti dengan serum. Namun, terkadang kedua produk ini tidak selalu digunakan bersamaan.

Essence dan serum sama-sama memiliki manfaat untuk menghantarkan bahan aktif ke kulit sebelum mengaplikasikan pelembap. Terkadang, untuk kulit yang sensitif, penggunaan essence dan serum bisa terlalu berat, jadi salah satunya saja.  Biasanya karena serum terlalu berminyak, sedangkan essence lebih ringan. 

Namun, untuk kulit yang sesuai, serum memang memiliki manfaat tersendiri dan spesifik. Serum cenderung lebih kuat daripada essence, ia mengandung bahan aktif dalam jumlah tinggi dan bisa meresap jauh ke dalam kulit. Ini jugalah mengapa serum diterapkan terlebih dahulu setelah membersihkan kulit. 

Tujuan utama dari essence adalah menghidrasi kulit dan untuk membantu produk perawatan kulit lainnya bisa menyerap dengan baik di kulit. Essence juga bertindak sebagai primer untuk rutinitas perawatan kulit yang membuat produk perawatan kulit lainnya bekerja menjadi lebih efektif.

Bahan aktif dalam esens akan menembus lebih dalam ke kulit dan bekerja untuk meningkatkan produk perawatan kulit. Dengan begini, seluruh rutinitas perawatan kulit yang kamu lakukan menjadi lebih efektif. 

Fakta Lain Mengenai Essence yang Membedakannya dengan Produk Lain

Essence tidak digunakan untuk melapisi kulit seperti yang dilakukan oleh serum. Toner juga umumnya digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare lainnya. 

Baik toner, serum, ataupun essence, mereka dapat membantu menghidrasi kulit, memanjakan dan menenangkan sel-sel kulit. Melakukan skincare secara teratur pun dapat menghilangkan kotoran dan penumpukan minyak sekaligus menenangkan kulit.

Walaupun produk skincare baik itu serum, essence, toner dan lain-lainnya memang disarankan untuk digunakan, pastikan saja jenis produk yang kamu gunakan sesuai dengan kondisi kulit. Terutama essence yang beberapa diantaranya diformulasikan dengan bahan pencerah sehingga dapat memperparah sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. 

Itulah informasi mengenai perbedaan essence dan serum serta fakta lainnya terkait essence. Tanyakan kepada dokter kulit jika kamu masih belum yakin produk apa yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
Prevention.com. Diakses pada 2022. What’s the Difference Between a Facial Serum and Essence, Anyway?
Voi.id. Diakses pada 2022. The Real Difference Between Serum And Essence In Facial Care.
Cocokind.com. Diakses pada 2022. What’s the difference between serum and essence?
Real Simple.com. Diakses pada 2022. What Is an Essence—and Why Does Your Skin Need It?