• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Air Rendaman Ketumbar Bisa Hilangkan Uban

Mitos atau Fakta, Air Rendaman Ketumbar Bisa Hilangkan Uban

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mitos atau Fakta, Air Rendaman Ketumbar Bisa Hilangkan Uban

“Uban sering kali muncul di kepala, seiring bertambahnya usia. Namun, tidak semua orang cukup percaya diri untuk membiarkannya. Karena itu, banyak cara dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bahkan menghilangkan uban. Salah satu yang dipercaya adalah dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar.”

Halodoc, Jakarta – Ketumbar tidak hanya dikenal sebagai bahan penambah rasa masakan, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Katanya, rutin mengonsumsi air rendaman ketumbar bisa membuat tubuh lebih sehat serta bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Ada yang menyebut bahwa ramuan alami ini bisa membantu menghilangkan uban. Benarkah demikian? 

Sebelumnya perlu diketahui, uban alias rambut putih biasanya muncul secara alami. Uban biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Sebab, sel pigmen di folikel rambut yang berperan memberi warna berangsur-angsur mati. Hal ini kemudian membuat jumlah sel pigmen di folikel menjadi lebih sedikit dan tidak lagi mengandung melanin. Alhasil, rambut yang tumbuh menjadi lebih tansparan, terlihat abu-abu atau putih. Rambut inilah yang dikenal sebagai uban. Selain faktor usia, kondisi kesehatan tertentu juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. 

Baca juga: Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

Ketumbar untuk Mencegah Pertumbuhan Uban 

Ketumbar disebut bisa menghilangkan uban alias rambut putih. Sebenarnya bukan menghilangkan, tetapi mencegah pertumbuhan uban. Rutin mengonsumsi air rendaman ketumbar diklaim bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya kesehatan rambut. Ramuan alami ini dipercaya bisa membuat rambut tumbuh lebih kuat, lebat, menghindari rontok, serta mencegah pertumbuhan uban. 

Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam bahan ini. Ketumbar memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin K, C, dan A. Seluruh kandungan tersebut nyatanya bisa membantu pertumbuhan rambut lebih sehat dan indah. Mengonsumsi air rendaman ketumbar juga bisa mengurangi masalah rambut rontok. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah untuk mengonsumsi air rendaman ketumbar setiap pagi. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan ketumbar ke dalam segelas air. Kemudian, diamkan atau rendam semalaman. Lalu, minum air rendaman tersebut pada pagi hari. 

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Ketumbar yang Perlu Diketahui

Selain baik untuk kesehatan rambut, bahan yang satu ini juga diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi air rendaman ketumbar setiap hari, di antaranya: 

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat dari bahan ini yang paling dikenal adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias imunitas. Kandungan antioksidan yang dimiliki bahan ini bisa membantu menangkal dampak buruk dari paparan radikal bebas. Kekebalan tubuh yang terjaga bisa membantu menurunkan risiko penyakit. 

  1. Bagus untuk Pencernaan 

Mengonsumsi segelas air rendaman ketumbar setiap pagi bisa memberi manfaat untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, air rendaman juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Orang yang sedang menjalani diet mungkin bisa mencoba mengonsumsinya, sebab pencernaan dan metabolisme yang lancar bisa membantu program penurunan berat badan. 

  1. Kulit Lebih Sehat 

Ramuan alami ini juga bisa membantu mengatasi jerawat, masalah pigmen, dan membuat kulit lebih sehat. Pasalnya, ketumbar memiliki antibakteri dan kaya akan kandungan zat besi. 

  1. Mengeluarkan Racun Tubuh 

Sisa pencernaan dan aktivitas harian bisa memicu penumpukan racun di dalam tubuh. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum air rendaman ketumbar menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses pengeluaran racun di dalam tubuh atau detoksifikasi. 

Baca juga: Punya Manfaat, Ketumbar Bahaya Dikonsumsi oleh 5 Orang Ini

Selain minum air rendaman ketumbar, cara lain yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Lengkapi juga dengan konsumsi multivitamin tambahan. Biar lebih mudah, kamu bisa beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Times Now News. Diakses pada 2021. Weight loss, healthy skin and hair – What are the benefits of drinking coriander water as a morning ritual?
Nakita. Diakses pada 2021. Rutin Minum Air Rendaman Ketumbar Ampuh Hilangkan Uban Secara Permanen, Begini Caranya. 
Harvard Health. Diakses pada 2021. Why does hair turn gray?