• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Obati Infeksi Telinga

Mitos atau Fakta, Bawang Putih Bisa Obati Infeksi Telinga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Tak hanya digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih juga telah dikenal sejak berabad-abad lalu sebagai obat tradisional untuk melawan infeksi. Salah satu infeksi yang bisa diatasi dengan bawang putih adalah infeksi telinga, atau sakit telinga. Meskipun belum ada studi lanjutan mendalam mengenai khasiat bawang putih untuk atasi infeksi telinga, namun bawang putih terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi dan menghilangkan rasa sakit. Ketika dimakan, bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Sehingga, kemungkinan besar infeksi telinga yang kamu alami bisa diatasi dengan bawang putih.

Baca juga: Kenali Penyebab Seseorang Terkena Infeksi Telinga 

Bawang Putih untuk Atasi Infeksi Telinga

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian yang melibatkan 103 anak yang mengidap sakit telinga akibat infeksi telinga tengah berhasil meredakan gejalanya berkat bawang putih. Tetes telinga naturopatik yang mengandung bawang putih (Allium sativum) dan bahan herbal lainnya ternyata sama efektifnya dengan obat lain dalam mengatasi sakit telinga. 

Selain itu, makan bawang putih juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang kemudian membantu melawan atau mencegah infeksi. Bawang putih bisa digunakan sebagai obat alami untuk masalah telinga termasuk sakit telinga, infeksi telinga, dan tinitus. 

Namun, pengobatan dengan minyak bawang putih tidak disarankan. Pasalnya, minyak bawang putih bisa saja menyebabkan efek samping karena ketidakcocokan, seperti sensasi kesemutan, terbakar, atau rasa tidak nyaman dan kemerahan pada area minyak bawang putih dioleskan. 

Cara terbaik adalah mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan perawatan yang aman untuk atasi infeksi telinga. Ambil smartphone kamu dan manfaatkan fitur chat di Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter mengenai perawatan paling aman dan tepat untuk atasi infeksi telinga. 

Baca juga: Jangan Khawatir, Ini Cara Atasi Telinga Bengkak

Cara Aman Mengobati Infeksi Telinga

Sebagian besar infeksi telinga ringan sembuh tanpa intervensi. Namun, ada beberapa metode yang efektif dalam meredakan gejala infeksi telinga ringan, antara lain:

  • Mengoleskan kain hangat ke telinga yang terinfeksi.
  • Minum obat penghilang rasa sakit tanpa resep (OTC) seperti ibuprofen (Advil) atau acetaminophen (Tylenol).
  • Gunakan OTC atau resep obat tetes telinga untuk menghilangkan rasa sakit. 

Jika gejala memburuk atau tidak membaik, maka kamu harus segera buat janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat. Mereka mungkin meresepkan antibiotik jika infeksi telinga tidak kunjung membaik. 

Sementara itu, anak di bawah usia 2 tahun juga mungkin akan diberikan antibiotik yang dosisnya akan disesuaikan. Penting untuk mengonsumsi antibiotik atau menggunakannya hingga selesai. 

Tak hanya itu, pembedahan juga dapat menjadi pilihan jika infeksi telinga tidak bisa sembuh dengan perawatan medis biasa atau jika infeksi telinga terus menerus terjadi berulang. Umumnya, tabung akan ditempatkan di telinga untuk memungkinkan cairan mengalir keluar.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Telinga?

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko infeksi telinga, yakni:

  • Sering mencuci tangan dengan air dan sabun.
  • Hindari area yang terlalu ramai.
  • Jangan berbagi alat pembersih telinga dengan orang lain.
  • Jaga agar imunitas tubuh terjaga, seperti dengan makan makanan bergizi dan olahraga. 

Itulah ulasan mengenai pengobatan infeksi telinga yang aman dan tepat. Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang hal ini, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk menikmati kemudahan bicara dengan dokter hanya melalui smartphone

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Ear Infection.
Healthline. Diakses pada 2020. What Can Garlic in My Ear Do?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ear Infection.
Wellness Mama. Diakses pada 2020. Garlic Olive Oil for Ear Infection.