• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Bioglass Bermanfaat untuk Kesehatan?

Mitos atau Fakta, Bioglass Bermanfaat untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mitos atau Fakta, Bioglass Bermanfaat untuk Kesehatan?

“Bioglass adalah lempeng kaca bundar yang dinilai mampu menjaga kesehatan tetap optimal. Namun, faktanya bioglass baru terbukti dapat digunakan sebagai bahan dasar implan tulang karena membantu meregenerasi sel tulang. Hingga saat ini belum ada penelitian atau pembuktian yang mengatakan bioglass bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh.”

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Mulai dari menjalani pola makan sehat, rutin berolahraga, hingga mengelola tingkat stres. Namun, bukan hanya itu saja, saat ini ditemukan Fungsi bioglass yang dinilai bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tetap optimal.

Bioglass adalah lempeng kaca bundar yang dinilai mampu menjaga kesehatan tetap optimal. Lalu, benarkah fungsi bioglass memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Sebaiknya simak ulasan lengkap mengenai fungsi bioglass dan cara meningkatkan kesehatan tubuh, di sini!

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Fakta Bioglass untuk Kesehatan

Bioglass ditemukan oleh Larry Hench dari Universitas Florida, Amerika Serikat, 50 tahun yang lalu. Bioglass merupakan lempengan kaca yang terbuat dari berbagai mineral, seperti silika, natrium, kalium, dan fosfat. 

Bioglass sendiri singkatan yang terdiri dari bioactive (bioaktif) dan glass (kaca). Dikenal sebagai bioaktif karena alat ini akan berfungsi setelah terkena cairan tubuh. Sedangkan, glass disebabkan oleh silika yang umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaca atau gelas.

Pada dunia medis, bioglass awalnya dikenal sebagai bahan untuk membuat implan sintetis penyambung tulang. Hal ini menyebabkan bioglass dipercaya memiliki kemampuan untuk menstimulasi sel-sel tulang untuk regenerasi.

Namun, selain itu, benarkah fungsi bioglass bermanfaat untuk kesehatan? Hingga saat ini, secara medis fungsi bioglass baru terbukti digunakan sebagai bahan implan tulang.

Sejauh ini, belum ada pembuktian ilmiah lainnya yang menyebutkan fungsi bioglass bisa mengatasi sakit kepala, menjaga kesehatan kulit, mengatasi maag, menurunkan tekanan darah, hingga menjadi pengobatan untuk kanker.

Penggunaan bioglass pun sebaiknya dilakukan sesuai dengan saran dan anjuran dokter. Jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan, sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter cara penanganan tepat keluhan kesehatan yang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Cara Hitung Berat Badan Ideal

Inilah Hal yang Dapat Mengoptimalkan Kesehatan

Sebaiknya, ketahui beberapa fakta mengenai hal-hal yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan tetap optimal.

Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan, seperti:

  1. Berhenti Merokok

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, mulai dari paru-paru, jantung, hingga kulit. 

  1. Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Memiliki berat badan ideal dan stabil menurunkan risiko berbagai gangguan kesehatan yang mungkin dialami. Ada berbagai gangguan kesehatan yang rentan dialami ketika kamu mengalami kelebihan atau kekurangan berat badan, seperti gangguan tulang, diabetes, malnutrisi, tekanan darah tinggi, hingga penyakit kanker.

  1. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat setiap harinya agar tubuh kembali bugar. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 – 8 jam. Sebaiknya penuhi waktu tidur setiap harinya. Kekurangan tidur dalam waktu panjang menyebabkan kamu berisiko mengalami sejumlah penyakit, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, hingga penurunan kualitas hidup.

  1. Bersosialisasi dengan Baik

Bersosialisasi bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan kesehatan. Bukan seberapa banyak orang yang kamu temui, tetapi kualitas pertemuan dan obrolan dengan orang lain bisa membuat kamu menurunkan risiko stres, depresi, dan merasa lebih berharga. Jadi, jangan lupa untuk menghubungi teman-teman terdekat kamu agar kondisi kesehatan terjaga dengan baik.

Baca juga: Stres Dapat Dipicu Kurangnya Interaksi Sosial

Itulah fakta seputar fungsi bioglass dan cara menjaga kesehatan tetap optimal. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Science Direct. Diakses pada 2021. Bioglass.
Jumpstart by Web MD. Diakses pada 2021. 15 Things You Can Do for Your Health Today.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Things You Should Do Now To Ensure Better Health in 10 Years.