• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Daun Melinjo Bisa Menangkal Radikal Bebas

Mitos atau Fakta, Daun Melinjo Bisa Menangkal Radikal Bebas

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mitos atau Fakta, Daun Melinjo Bisa Menangkal Radikal Bebas

“Selain biji melinjo, daun melinjo juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Hanya saja, jika biji melinjo dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, daun melinjo bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Daun melinjo juga mengandung antioksidan yang dipercaya mampu menangkal radikal bebas. Namun, masih perlu banyak penelitian mengenai manfaat daun melinjo.”

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu familiar dengan biji melinjo, yang biasa digunakan sebagai bahan masakan sayur asem. Nah, selain buahnya, tertanya daun melinjo juga bisa digunakan sebagai bahan masakan bahkan obat herbal.

Pertanyaannya, apa saja sih manfaat dari daun melinjo? Benarkah daunya dapat dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas? 

Tangkal Radikal Bebas?

Nah, faktanya daun melinjo mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh sebagai penangkal radikal bebas. 

Perlu diketahui, antioksidan baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit.

Nah, daun melinjo mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan memiliki efek menangkal radikal bebas. Beberapa penelitian menyatakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam daun melinjo juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, penuaan, dan penyakit jantung. 

Manfaat Lain Daun Melinjo

Selain sebagai penangkal radikal bebas, daun melinjo masih memiliki manfaat lainnya. Contohnya menurunkan kadar asam urat hingga mengelola kadar gula dalam darah. Penasaran apa saja manfaat dari daun melinjo? Simak ulasan berikut!

  1. Mengendalikan Kadar Asam Urat

Jika biji melinjo dapat meningkatkan kadar asam urat, daun melinjo justru dapat menurunkan kadar asam urat. Menurut beberapa riset, mengonsumsi daun melinjo terbukti dapat mengendalikan kadar asam urat dalam darah jadi lebih rendah. Meski begitu, manfaat ini masih perlu banyak penelitian. 

  1. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Tingkat serat yang tinggi terkandung dalam daun melinjo. Hal tersebut menyebabkan kamu merasa kenyang lebih lama. Menurut beberapa penelitian, daun melinjo juga mampu mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan metabolisme, dan mempertahankan berat badan ideal. 

Hanya saja, untuk manfaat daun melinjo yang satu ini masih belum banyak penelitiannya. Maka itu diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan sistem imun sangat penting, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Sistem imun dapat diperkuat dengan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi obat herbal tertentu, misalnya daun melinjo.

Menurut studi, antioksidan dan mineral yang terkandung dalam daun melinjo baik untuk menjaga sistem imun. Contohnya saja zat besi, zinc, dan magnesium. Dengan begitu, kamu bisa menambahkan daun melinjo sebagai bahan makanan sehari-hari. 

  1. Mengelola Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi dan tidak terkontrol bisa memicu resistensi insulin. Jika kondisi ini tidak ditangani, maka bisa berkembang jadi penyakit diabetes.

Menurut beberapa studi laboratorium, ekstrak daun melinjo bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Efektivitas kinerja hormon insulin pun dapat meningkat dengan mengonsumsi daun melinjo. 

Menurut studi, terdapat potensi jika daun melinjo digunakan sebagai obat herbal pengontrol gula darah. Meskipun begitu, sebaiknya kamu jangan hanya mengandalkan daun melinjo. Kamu tetap perlu membatasi konsumsi makanan tinggi gula untuk lebih mudah mengontrol kadar gula darah. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Zinc membantu untuk mengobati jerawat dengan cara yang efektif. Kandungan zinc dalam daun melinjo juga dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang penting untuk proses penyembuhan. Dengan begitu juga dapat mencegah infeksi, bisul, sariawan, sayatan bedah, luka bakar, dan luka lainnya. 

Selain itu, daun melinjo juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang merupakan jaringan ikat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit. 

Nah, itulah manfaat daun melinjo selain menangkal radikal bebas. Hanya saja, berbagai manfaat daun melinjo yang sudah disebutkan baru sebatas penelitian kecil. Diperlukan penelitian lebih banyak untuk mengevaluasi efektivitas dari manfaat daun melinjo. 

Nah, karena daun melinjo termasuk salah satu makanan sehat, kamu tetap boleh memasukkannya sebagai bahan makanan sehari-hari. Namun, tetap saja jangan hanya mengandalkan daun melinjo saja. Cukupilah kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dari makanan sehat lainnya. 

Hal yang perlu digarisbawahi, jika tubuh mengalami reaksi efek samping setelah mengonsumsi daun melinjo, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc ya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2021. Melinjo-Gnetum gnemon
Journal of Medicine and Health. Diakses pada 2021. The Effect of Melinjo (Gnetum gnemon L.) Leaves and Melinjo Peel Extracts on Induced-Hyperuricemia Male Rats Model
From Nature to Health. Diakses pada 2021. Benefits of Melinjo Leaves for Health, Maintain Body Weight to Manage Blood Sugar Levels