• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Gonore Bisa Diobati Tanpa Antibiotik

Mitos atau Fakta, Gonore Bisa Diobati Tanpa Antibiotik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Gonore adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Dilansir dari Healthline, antibiotik adalah satu-satunya pengobatan yang efektif untuk gonore.

Beberapa pengobatan rumahan, seperti bawang putih dan cuka sari apel diyakini dapat mengobati gonore, tetapi menurut ahli medis dua hal tersebut belum terbukti valid. Antibiotik masih dianggap sebagai penanganan yang tepat untuk penyakit gonore. Selengkapnya bisa dibaca di bawah ini!

Antibiotik Pengobatan untuk Gonore

The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan untuk gonore yang tidak rumit diobati dengan antibiotik ceftriaxone yang diberikan sebagai suntikan dengan azithromycin oral.

Jika kamu alergi terhadap antibiotik sefalosporin, seperti ceftriaxone, kamu mungkin diberikan gemifloxacin (Factive) oral atau injeksi gentamisin dan azithromycin oral. Bila kamu masih memiliki gejala tiga hingga lima hari setelah menyelesaikan perawatan antibiotik, segera informasikan kepada pihak medis. Bisa jadi kamu memerlukan antibiotik berbeda atau perawatan tambahan.

Baca juga: Bisa Sembuh, Begini Cara Obati Gonore

Untuk menghindari penularan infeksi kepada orang lain, hindari semua aktivitas seksual sampai kamu menyelesaikan perawatan dan tidak memiliki gejala apa pun. Penting juga untuk melakukan pengujian kesehatan yang sama. 

Tanpa perawatan, gonore dapat menyebabkan komplikasi. Pada laki-laki, ini termasuk epididimitis, peradangan tabung yang membawa sperma. Epididimitis berat dapat menyebabkan infertilitas.

Pada wanita, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul. Ini dapat menyebabkan komplikasinya mulai dari:

1. Infertilitas,

2. Kehamilan ektopik,

3. Abses panggul.

Seorang wanita hamil juga dapat menularkan gonore ke bayi baru lahir yang mengakibatkan infeksi sendi, kebutaan, dan infeksi terkait darah pada bayi baru lahir. Makanya, kamu sedang hamil dan berpikir mungkin mengalami gonore, segera temui penyedia layanan kesehatan untuk perawatan.

Gonore juga dapat memasuki aliran darah menyebabkan suatu kondisi yang disebut infeksi gonokokus diseminata (DGI). Dalam kasus yang parah, DGI bisa mengancam jiwa. Informasi selengkapnya mengenai gonore bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc.   

Dokter ataupun psikolog yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Memahami Cara Kerja Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik dapat mengobati infeksi dengan membunuh atau mengurangi pertumbuhan bakteri. Antibiotik pertama kali digunakan pada tahun 1936 dan sampai sekarang antibiotik telah menyelamatkan jutaan manusia dari kematian karena infeksi bakteri. 

Ada banyak kelas antibiotik dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk:

1. Tablet,

2. Kapsul,

3. Cairan,

4. Krim,

5. Salep.

Sebagian besar antibiotik hanya tersedia melalui resep dokter. Beberapa krim dan salep antibiotik tersedia tanpa resep. Antibiotik melawan infeksi bakteri baik dengan membunuh bakteri atau memperlambat serta menghentikan pertumbuhannya. 

Antibiotik melakukan mekanisme kerjanya dengan cara: 

1. Menyerang dinding atau melapisi bakteri di sekitarnya,

2. Mengganggu reproduksi bakteri,

3. Menghalangi produksi protein pada bakteri.

Antibiotik mulai bekerja segera setelah kamu meminumnya. Seberapa cepat proses penyembuhan tergantung pada jenis infeksi yang diobati. Sebagian besar antibiotik harus diminum selama 7 hingga 14 hari. 

Dalam beberapa kasus, durasi perawatan bahkan lebih pendek. Pastinya, dokter akan menentukan jangka waktu perawatan terbaik dan jenis antibiotik yang tepat untuk kondisimu. Meskipun kamu mungkin merasa lebih baik setelah beberapa hari perawatan, tetapi yang terbaik adalah menyelesaikan seluruh antibiotik untuk menyelesaikan masalah infeksi secara total. Jangan menghentikan antibiotik lebih awal tanpa berbicara dengan dokter.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Gonorrhea Home Remedies: Separating Fact from Fiction.
Healthline. Diakses pada 2020. How Do Antibiotics Work?
Mayoclinic. Diakses pada 2020. Gonorrhea.