• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Habbatussauda Bantu Hilangkan Sakit Kepala
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Habbatussauda Bantu Hilangkan Sakit Kepala

Mitos atau Fakta, Habbatussauda Bantu Hilangkan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 Oktober 2021
Mitos atau Fakta, Habbatussauda Bantu Hilangkan Sakit Kepala

“Habbatussauda belakangan ini semakin banyak dikenal. Katanya, ada sederet manfaat kesehatan yang bisa didapat dari tanaman ini. Dari semua manfaat yang ada, salah satunya adalah bisa membantu mengatasi dan menghilangkan sakit kepala.

Halodoc, Jakarta – Habbatussauda mungkin tidak lagi terdengar asing bagi sebagian orang. Tidak dapat dimungkiri, tanaman yang satu ini belakangan menjadi lebih popular setelah digunakan sebagai bahan dasar merek pengobatan herbal. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya apa itu habbatussauda dan apa saja manfaatnya? 

Habbatussauda sering juga disebut dengan jintan hitam (Nigella sativa), black cumin, atau black seed. Tanaman semak belukar ini tumbuh liar dan memiliki batang yang pendek, tidak lebih dari 50 sentimeter. Konon, habbatussauda sudah digunakan sebagai pengobatan alternatif sejak ribuan tahun silam. Tidak hanya itu, banyak penelitian yang juga sudah dilakukan untuk membahas dan membuktikan manfaat sehat dari tanaman ini.

Baca juga: Tidak Hanya Sakit Kepala, Ini Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan

Benarkah Habbatussauda bisa Menghilangkan Sakit Kepala? 

Salah satu manfaat yang dipercaya bisa didapat dari tanaman ini adalah menghilangkan sakit kepala. Apakah hal tersebut fakta atau mitos belaka? Jawabannya fakta. Ya, mengonsumsi habbatussauda atau produk yang mengandung ekstrak tanaman ini disebut bisa membantu mengatasi keluhan sakit kepala. Selain itu, ada banyak manfaat sehat lain yang bisa didapat dari tanaman berjuluk “tanaman ajaib” ini. 

Faktanya, kandungan dalam tanaman ini bisa membantu menghilangkan sakit kepala. Kondisi ini memang umum terjadi, dan biasanya akan mereda setelah beberapa saat. Namun, sakit kepala terkadang bisa terasa sangat mengganggu dan menyulitkan aktivitas sehari-hari. Nah, penggunaan minyak habbatussauda disebut bisa membantu menghilangkan sakit kepala. 

  1. Oleskan Minyak 

Minyak yang dibuat dari tanaman jinten hitam disebut bisa membantu mengatasi gejala sakit kepala. Caranya tidak sulit, cukup mengoleskan minyak ke dahi atau ke area yang terasa sakit. Jika dibutuhkan, beri pijatan lembut pada area dahi. 

Baca juga: Ini 3 Beda Letak Sakit Kepala

  1. Minum Air Putih 

Salah satu cara mengatasi sakit kepala adalah dengan minum air putih. Sebab, bisa jadi sakit kepala yang muncul merupakan tanda tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Maka dari itu, pastikan untuk tetap banyak minum air putih, meskipun sudah mengoleskan minyak habbatussauda ke dahi. 

  1. Cukup Istirahat 

Jika sudah cukup minum air putih dan menggunakan minyak sebagai alternatif pengobatan, lengkapi juga dengan cukup istirahat. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi sakit kepala yang mungkin terjadi karena kelelahan. 

Baca juga: Waspada, Ini 14 Tanda Sakit Kepala Berbahaya

Jika sakit kepala masih terus berlangsung, bisa jadi dibutuhkan konsumsi obat tertentu. Kalau kamu sudah memiliki resep obat sakit kepala, beli di aplikasi Halodoc saja. Cek kebutuhan obat sakit kepala atau obat lainnya hanya dalam satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Impressive Health Benefits of Kalonji (Nigella Seeds).
NDTV Food. Diakses pada 2021. 10 Incredible Health Benefits Of Kalonji (Nigella Seeds). 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Dehydration.