• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Idap Diabetes Dilarang Makan Semangka?

Mitos atau Fakta, Idap Diabetes Dilarang Makan Semangka?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh berlebihannya glukosa di dalam tubuh. Maka dari itu, seseorang yang mengidap gangguan tersebut benar-benar harus membatasi beberapa makanan yang kaya akan glukosa. Hal tersebut karena mungkin saja gula darah melonjak dan menyebabkan masalah.

Beberapa buah juga harus benar-benar dihindari oleh pengidap diabetes. Salah satu buah yang dikabarkan tidak boleh dikonsumsi adalah semangka. Namun, apakah hal tersebut benar adanya sehingga menyebabkan masalah setelah menyantapnya? Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: Perlu Tahu, Pengidap Diabetes Boleh Makan Ketupat

Benarkah Pengidap Diabetes Tidak Boleh Makan Semangka?

Semangka adalah salah satu buah yang diminati banyak orang, terutama ketika cuaca sedang panas. Buah yang memiliki rasa manis dan berisi banyak cairan ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Walau begitu, ternyata beberapa orang tidak diperbolehkan mengonsumsi semangka.

Banyak orang percaya seseorang yang mengidap diabetes dilarang untuk memakan buah tersebut. Semangka dapat meningkatkan gula darah secara tiba-tiba, sehingga berbahaya bagi kamu yang mengalami masalah pada pengolahan glukosa pada tubuh.

Walau begitu, belum ada penelitian yang menemukan korelasi khusus antara semangka dan masalah yang dapat terjadi pada pengidap diabetes. Beberapa sumber pun mengatakan konsumsi semangka dapat mengurangi risiko yang dapat menyebabkan komplikasi terjadi terkait diabetes.

Salah satu indikator yang membuat banyak orang berkata semangka dapat berbahaya bagi pengidap diabetes adalah indeks glikemik yang dihasilkan. Indeks glikemik adalah indikator penting yang digunakan untuk menilai seberapa cepat gula dari makanan memasuki aliran darah. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat lonjakan gula darah terjadi.

Baca juga: 7 Buah yang Tepat bagi Pengidap Penyakit Asam Lambung

Setiap makanan akan dinilai dari skor 1 hingga 100 untuk penilaian glikemik. Semakin tinggi angka yang dihasilkan, semakin cepat gula tersebut memasuki aliran darah. Pada semangka, angka IG-nya sekitar 76. Padahal, batas normal dari indeks tersebut adalah 70. Maka dari itu, pengidap diabetes harus tetap hati-hati dalam mengonsumsi semangka.

Jika pengidap diabetes tetap ingin mengonsumsi buah tersebut, mengonsumsinya harus bersamaan dengan makanan kaya akan lemak sehat, serat, serta protein. Beberapa makanan yang mengandung zat tersebut adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Dengan begitu, pengidap diabetes dapat kenyang lebih lama dan mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh semangka pada kadar glukosa darah.

Jika kamu mempunyai pertanyaan mengenai diabetes, diskusikan saja dengan dokter di Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Jangan Dipaksa, Ini Bahaya Berpuasa bagi Pengidap Diabetes

Buah Lainnya yang Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Seseorang yang mengidap diabetes harus terus menjaga konsumsi makanan yang diasup dengan menerapkan pola makan yang seimbang. Walau begitu, seseorang yang mengonsumsi gula buatan harus lebih menjaga tubuhnya dibandingkan yang mengonsumsi gula alami.

Penting bagi setiap pengidap diabetes untuk mengetahui kandungan gula dan karbohidrat yang berasal dari makanan apapun, termasuk buah-buahan. Walau begitu, pengidap tetap harus menghindari konsumsi buah terlalu banyak agar lonjakan kadar gula darah tidak terjadi, seperti halnya mengonsumsi semangka.

Pengidap sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dengan kandungan karbohidrat dan indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga dapat makan lebih banyak. Beberapa buah yang memiliki efek kurang signifikan pada kadar gula darah yaitu jeruk, beri, apel dan buah pir.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Can people with diabetes eat watermelon?
Healthline. Diakses pada 2019. Can I Eat Watermelon If I Have Diabetes?