• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Kapsul Cacing Bisa Sembuhkan Tipes

Mitos atau Fakta, Kapsul Cacing Bisa Sembuhkan Tipes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mitos atau Fakta, Kapsul Cacing Bisa Sembuhkan Tipes

Halodoc, Jakarta - Kebersihan dari makanan yang dikonsumsi harus selalu kamu perhatikan. Hal tersebut berguna untuk mencegah segala bakteri penyebab penyakit yang mungkin masih terkandung dalam bahan makanan tersebut. Salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat konsumsi makanan yang kurang bersih adalah penyakit tipes.

Seseorang yang mengidap gangguan ini dapat menimbulkan kepanikan tersendiri karena demam yang naik turun dan gejalanya mirip dengan demam berdarah. Jika kamu dipastikan mengidap tipes, ada baiknya untuk segera mendapatkan penanganan agar dampak buruk dapat dihindari. Salah satu penanganan yang banyak orang percaya adalah mengonsumsi kapsul cacing. Berikut ulasannya!

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Benarkah Tipes Dapat Disembuhkan dengan Konsumsi Kapsul Cacing?

Penyakit tipes, atau disebut juga dengan demam tifoid, adalah infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh, sehingga memengaruhi banyak organ di dalam tubuh. Tanpa penanganan yang tepat, seseorang yang mengidap penyakit ini dapat mengalami komplikasi yang serius dan dapat berakibat fatal. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi, yang juga terkait sebagai penyebab keracunan makanan salmonella.

Penyakit tipes terbilang sangat menular. Orang yang terinfeksi gangguan ini dapat menularkan bakteri keluar dari tubuhnya melalui kotoran (tinja) atau, lebih jarang, melalui kencing (urine). Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan saat seseorang mengonsumsi makanan atau meminum air yang telah terkontaminasi dengan sejumlah kecil kotoran atau urine dari seseorang yang telah terinfeksi, akhirnya terkena demam tifoid.

Maka dari itu, penanganan segera perlu dilakukan agar tidak menimbulkan komplikasi berbahaya. Salah satu cara penanganan penyakit tipes yang dipercaya banyak orang adalah mengonsumsi kapsul cacing. Hal tersebut dipercaya dapat menghilangkan bakteri yang bersarang pada sistem pencernaan. Namun benarkah hal tersebut? Berikut ini penjelasannya:

Memang bukan hanya di Indonesia, di beberapa negara Asia lainnya juga masih mengonsumsi obat cacing untuk mengatasi penyakit tipes. Obat tersebut adalah Lumbricus sp, yang dipercaya efektif untuk mengatasi demam saat gangguan tersebut terjadi. Meski begitu, faktanya adalah khasiat dari kapsul cacing tersebut belum mendapatkan pembuktian secara ilmiah dari satu penelitian apa pun.

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Pada penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran dari Universitas Airlangga, disebutkan jika kapsul cacing Lumbricus sp tersebut tidak menimbulkan efek antibakteri terhadap organisme penyebab penyakit tipes tersebut. Hal ini disebabkan oleh zat protein yang terkandung di dalamnya tidak dapat membunuh bakteri penyebab gangguan pada saluran pencernaan tersebut, hanya dapat menurunkan demam yang terjadi.

Kamu juga harus tahu jika kapsul cacing yang dijual sembarangan mungkin saja sudah dicampurkan dengan isi kapsul lainnya. Hal tersebut dapat menimbulkan efek samping yang mungkin saja berbahaya. Maka dari itu, para ahli medis tidak pernah menganjurkan seseorang dengan penyakit tipes untuk melakukan hal tersebut. Alangkah lebih baiknya untuk mengonsumsi antibiotik agar masalah yang terjadi dapat selesai tepat waktu.

Baca juga: Gejala Tipes Tanpa Demam, Bisakah?

Itulah pembahasan mengenai penyakit tipes yang rumornya dapat diatasi dengan konsumsi kapsul cacing. Faktanya, hal tersebut hanyalah mitos belaka yang belum ada penelitian ilmiahnya. Manfaat yang dirasakan dari konsumsi kapsul tersebut hanya mengatasi demam, bukan membunuh bakteri yang bersarang di sistem pencernaan seseorang.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait kebenaran konsumsi kapsul cacing yang dapat sembuhkan tipes. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan hanya dengan genggaman tangan!

Referensi:
Journal Unair. Diakses pada 2020. EFFECT OF EARTHWORMS (Lumbricus Sp.) EXTRACT ANTIBACTERIAL ACTIVITY AGAINST THE BACTERIA Salmonella Typhi.
NHS. Diakses pada 2020. Typhoid fever.