• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Lemon Dapat Menurunkan Berat Badan?

Mitos atau Fakta, Lemon Dapat Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mitos atau Fakta, Lemon Dapat Menurunkan Berat Badan?

“Salah satu fakta menyebutkan jika lemon ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Apakah hal tersebut benar adanya? Jawabannya adalah, ya. Manfaat lemon tidak sampai di situ saja. Selain menurunkan berat badan, ini manfaat lemon lainnya.”

Halodoc, Jakarta – Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan diet sehat, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi buah yang dapat menunjang program diet yang kamu lakukan. Lemon menjadi salah satu buah yang mampu menunjang program diet. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurnya dengan beberapa bahan alami berikut ini, ya.

Baca juga: Buah-buahan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Menurunkan Berat Badan Jadi Salah Satu Manfaat Lemon

Lemon menjadi salah satu buah yang dapat menunjang proses keberhasilan diet. Hal tersebut dikarenakan, lemon mengandung antioksidan polifenol yang dipercaya dapat mencegah terjadinya penambahan berat badan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, senyawa antioksidan dalam lemon dapat menurunkan risiko obesitas. Meski penelitian terhadap tikus percobaan berhasil, sampai saat ini belum diketahui bagaimana cara kerja lemon terhadap penurunan berat badan. 

Jika kamu berniat untuk mengonsumsinya, lemon dapat dicampur dengan bahan atau tanaman herbal lainnya. Jika lebih suka rasa asli lemon, kamu cukup mencampur perasan lemon dengan segelas air saja. Jika ingin lebih kaya rasa, kamu dapat menambahkan beberapa bahan alami berikut ini:

  • Daun mint;
  • Kunyit;
  • Dicampur dengan teh.

Selain beberapa campuran tersebut, kamu jika bisa mengolahnya menjadi infused water, dan dapat ditambah dengan beberapa campuran buah lainnya. Campur dengan es batu atau air dingin, dan biarkan semalaman di kulkas. Esok harinya, infused water siap untuk dikonsumsi. Selain membantu menurunkan berat badan, buah ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, seperti:

Baca juga: Kurang Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Dampaknya pada Tubuh

1. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Manfaat lemon selanjutnya adalah menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Selain mengandung kalori rendah yang dapat menunjang diet, air lemon dapat mempertahankan jumlah cairan dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, air lemon dapat membantu mengelola fungsi tubuh, mulai dari mengatur suhu, hingga meningkatkan kinerja fisik.

Jika cairan dalam tubuh tercukupi dengan baik, maka proses pembakaran lemak dapat bekerja dengan maksimal. Bukan itu saja, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu mengurangi retensi cairan, yang menjadi pemicu perut kembung dan kenaikan berat badan.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat lemon selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme dalam tubuh lancar, maka proses penurunan berat badan dapat berjalan dengan baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan fungsi mitokondria, yaitu jenis organel sel yang membantu menghasilkan energi. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi air lemon sebanyak10 mililiter per 1 kilogram berat badan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan 25 persen metabolisme dalam 40 menit.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat lemon selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Rasa asam dari lemon dapat membantu mencerna makanan, juga memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Serat yang ada di dalam daging buah lemon dapat menyehatkan usus. Air lemon juga dapat membantu melancarkan buang air besar, yang berujung pada penurunan berat badan

Baca juga: Selain Air, 6 Buah Ini Juga Bisa Menghidrasi Tubuh

Itulah beberapa manfaat lemon bagi tubuh. Oleh karena hal tersebut, lemon sering dimasukkan sebagai selingan dalam menu diet sehat. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait dengan manfaat lemon seperti yang telah dijelaskan, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Does Lemon Water Help You Lose Weight?

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 7 Reasons to Start Your Day With Lemon Water.