• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Makan-Makanan Pedas Sebabkan Insomnia

Mitos atau Fakta, Makan-Makanan Pedas Sebabkan Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang sangat menyukai makanan yang menggunakan cabai atau dalam arti lain adalah pedas. Jenis makanan ini dapat menggugah selera sehingga nafsu makan meningkat sehingga lebih lahap. Bahkan, beberapa orang merasa ada yang kurang jika makan tanpa adanya sambal.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat menimbulkan dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang dapat disebabkan oleh makanan pedas adalah insomnia. Hal ini dapat terjadi saat kamu mengonsumsi makanan pedas tersebut di malam hari menjelang tidur. Ketahui hubungan konsumsi makanan pedas dengan insomnia di bawah ini!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia

Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Sebabkan Insomnia

Tidak sedikit seseorang yang menyesal mengonsumsi makanan pedas setelahnya. Hal tersebut karena banyak dampak buruk yang dapat terjadi. Salah satu dampak buruk yang dapat disebabkan oleh makanan pedas adalah insomnia. Gangguan ini kerap terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan pedas di malam hari. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk makan sesuatu yang mengandung cabai di malam hari.

Meski begitu, apa penyebab seseorang dapat mengalami insomnia karena konsumsi makanan pedas?

Makanan pedas dapat menyebabkan seseorang mengalami mulas atau perasaan panas pada perut. Gangguan ini dapat bertambah parah saat kamu mencoba untuk tidur. Posisi berbaring dapat memudahkan asam di dalam perut untuk mengalir naik ke atas, sehingga menyebabkan peradangan pada lapisan esofagus atau GERD. Maka dari itu, makanan pedas dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur.

Meski pemicu peradangan pada perut tersebut dapat berbeda-beda pada setiap orang, tetapi secara umum hal ini disebabkan oleh makanan pedas dan asam. Selain itu, kamu juga dapat mengalami GERD karena mengonsumsi makanan tinggi lemak. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan pedas di malam hari untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan perut yang nyaman di pagi hari.

Selain GERD, makanan pedas mengandung cabai, rempah-rempah, serta minyak yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diare. Kandungan capsaicin pada makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung atau usus, sehingga memiliki efek pencahar yang membuat kotoran saat buang air besar berbentuk cair. Gangguan ini dapat membuat kamu ke toilet satu jam sekali karena rasa ingin BAB.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait makanan pedas yang dapat sebabkan insomnia, dokter dari Halodoc dapat menjelaskan hubungan keduanya. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

Baca juga: Gemar Minum Kopi, Hati-Hati Insomnia!

Dampak Buruk Lainnya dari Konsumsi Makanan Pedas

Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat mengalami banyak dampak buruk, salah satunya adalah meningkatkan munculnya jerawat. Hal ini terjadi setelah mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat, dan menghasilkan keringat yang dapat memicu pelepasan minyak di kulit. Alhasil, kotoran dan bakteri yang terperangkap oleh minyak dapat menimbulkan jerawat.

Selain itu, jika kamu secara tidak sadar makanan pedas tersebut menyentuh kulit, mungkin saja iritasi yang serius dapat terjadi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan peradangan pada kondisi kulitmu yang memang tidak tahan terhadap kandungan pedas yang dihasilkan. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu memperhatikan konsumsi makanan pedas karena banyak dampak buruk yang dapat terjadi bagi tubuhmu terutama di malam hari.

Baca juga: Makanan Pedas dan Berlemak Bisa Picu Dispepsia?

Itulah pembahasan lebih lengkap terkait konsumsi makanan pedas yang dapat sebabkan seseorang mengalami insomnia. Maka dari itu, cobalah untuk tetap bijak saat mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh tersebut. Dengan begitu, kualitas tidur kamu tidak terganggu karena sebelumnya mengonsumsi makanan pedas.

Referensi:

Insider. Diakses pada 2020. 9 signs you may need to lay off the spicy food.
Epicurious. Diakses pada 2020. Is What You're Eating Keeping You Up at Night?