• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta: Meditasi Mampu Hilangkan Kebiasaan Merokok
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta: Meditasi Mampu Hilangkan Kebiasaan Merokok

Mitos atau Fakta: Meditasi Mampu Hilangkan Kebiasaan Merokok

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Januari 2023

“Meditasi bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sebab, ini dapat menurunkan stres dan meningkatkan pengendalian diri.”

Mitos atau Fakta: Meditasi Mampu Hilangkan Kebiasaan MerokokMitos atau Fakta: Meditasi Mampu Hilangkan Kebiasaan Merokok

Halodoc, Jakarta – Pelatihan perilaku seperti meditasi mindfulness mungkin efektif untuk meningkatkan pengendalian diri saat sedang berjuang untuk berhenti merokok. Bahkan, ini juga bisa mengurangi keinginan merokok pada orang yang tidak berniat untuk berhenti.

Merokok adalah kebiasaan yang dapat memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Selain menyebabkan kecanduan, kandungan racun dan zat berbahaya dalam rokok dapat memicu banyak penyakit kronis.

Hilangkan Kebiasaan Merokok dengan Meditasi

Kajian penelitian kecanduan yang diterbitkan dalam jurnal Trends in Cognitive Sciences pada 2015, berusaha mengulas efektivitas meditasi dalam membantu seseorang berhenti merokok. 

Dalam satu penelitian yang dikutip oleh ulasan tersebut, peneliti Texas Tech University dan University of Oregon meneliti 60 mahasiswa (27 perokok dan 33 bukan perokok) ke program pelatihan.

Setiap mahasiswa datang untuk belajar meditasi dan teknik relaksasi untuk pengurangan stres dan peningkatan kognitif. Separuh dari mereka menerima pelatihan meditasi mindfulness (menjadi sadar diri akan pengalaman seseorang), dan separuh lagi menerima teknik relaksasi.

Selama 2 minggu, para peserta memiliki total 5 jam sesi 30 menit. Sebelum dan di akhir sesi, peneliti memindai otak mereka dan meminta mereka mengisi kuesioner laporan diri. Setiap peserta juga menjalani pengujian karbon monoksida.

Meskipun banyak dari peserta mengatakan bahwa mereka telah merokok dengan jumlah yang sama sebelum dan sesudah pelatihan, bagi mereka yang telah menerima meditasi mindfulness, ukuran objektif dari persentase karbon dioksida di paru-paru mereka menunjukkan penurunan merokok sebesar 60 persen dalam 2 minggu setelah studi.

Alasan Meditasi Bisa Membantu

Ada beberapa alasan mengapa meditasi bisa membantu seseorang untuk berhenti merokok, yaitu:

  1. Mengurangi Pemicu Utama Merokok: Stres

Stres adalah pemicu utama merokok. Saat perokok sedang cemas atau stres, hanya beberapa isapan akan membuat mereka merasa lebih rileks. Meditasi akan secara efektif membantu mengatasi stres dengan meningkatkan kesadaran diri dan ketenangan. Ini membuat keinginan merokok berkurang.

  1. Mengembangkan Perhatian Penuh

Sebagian besar kebiasaan merokok berubah menjadi kecanduan ketika keinginan mengidam yang tak henti-hentinya mulai muncul. Ketika seseorang mencapai tahap ini, mereka akan mengambil sebatang rokok dan mengisapnya tanpa memikirkan konsekuensinya. 

Namun, ketika perokok mulai berlatih meditasi, mereka belajar mengenali emosi dan perasaan yang mendalam yang memicu kebutuhan mereka untuk merokok.

  1. Meningkatkan Pengendalian Diri

Ketika kamu mulai bermeditasi, otak mulai terhubung kembali. Bagian-bagian yang bertanggung jawab atas pengalaman emosi negatif seperti stres dan depresi menyusut ukurannya. Sementara area yang terkait dengan ketenangan, kasih sayang, empati, dan pengendalian diri berkembang secara terukur. 

Saat pengendalian diri meningkat, kamu dapat mengembangkan kemauan untuk menghentikan pola yang tidak sehat dan berhenti merokok. Oleh karena itu, meditasi merupakan alternatif yang layak bagi mereka yang telah mencoba segalanya dan gagal. 

Tips Lainnya yang Bisa Kamu Coba

Selain melakukan meditasi, ada beberapa tips lainnya untuk mendukung kamu yang sedang berusaha untuk berhenti merokok, yaitu:

  • Alihkan perhatian dengan kegiatan lain yang positif.
  • Selalu ingat tujuan kamu ingin berhenti merokok. 
  • Keluar dari situasi yang menggoda atau memicu keinginan merokok. 
  • Hadiahi diri sendiri dengan hal-hal yang kamu sukai, agar tetap termotivasi.
  • Temukan pengganti, seperti permen karet, atau camilan sehat lainnya.
  • Buat pikiran menjadi sibuk, misalnya dengan membaca buku, mendengarkan musik, atau bermain game.
  • Sikat gigi. Perasaan bersih pada mulut dapat membantu menghalau hasrat merokok.
  • Minum air yang cukup, dan saat keinginan merokok muncul.
  • Perbanyak aktivitas, seperti jalan-jalan atua mencoba kegiatan baru.
  • Pergi ke suatu tempat di mana kamu tidak boleh merokok.

Itulah pembahasan mengenai meditasi yang dapat membantu seseorang berhenti merokok. Jika kamu butuh saran lain dari ahlinya, download Halodoc saja untuk berbicara dengan dokter melalui chat.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2023. How to Quit Smoking.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Mindfulness Meditation May Help Smokers Quit – Even Those With No Willpower.
Mindworks. Diakses pada 2023. Can You Quit Smoking Through Meditation?