• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Minum Jahe Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Mitos atau Fakta Minum Jahe Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Hidung tersumbat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menghambat berjalannya aktivitas, hidung yang tersumbat juga membuat kamu mengalami gangguan tidur. Hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Maka tidak jarang, hidung tersumbat disertai gejala lainnya, seperti keluarnya ingus dari dalam hidung.

Baca juga: Hidung Tersumbat, Gejala Sinusitis yang Mirip dengan Flu

Hidung tersumbat memiliki beragam penyebab, mulai dari pilek, flu, alergi, hingga alami sinusitis. Jika kondisi yang kamu alami saat ini masih tergolong ringan, sebaiknya tunda untuk mengonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas. Nah, minum jahe sering disebut mampu melegakan hidung tersumbat. Apakah anggapan ini hanya mitos atau ada fakta yang mendukung? Ini ulasannya. 

Alasan Jahe Dapat Melegakan Hidung Tersumbat

Tanaman jahe sering ditemukan dalam beberapa menu makanan yang disajikan. Jahe menjadi salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan makanan karena memiliki aroma dan juga rasa yang khas. Selain menjadikannya sebagai bahan makanan, tanaman jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan.

Melansir Medical New Today, jahe menjadi tanaman herbal yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Kandungan ini membantu kamu untuk mengatasi gangguan pada sendi, menurunkan gejala akibat adanya peradangan pada tubuh, serta menurunkan risiko infeksi pada tubuh.

Selain itu, faktanya menurut penelitian dari BMC Complementary Medicine and Therapies, tanaman jahe bermanfaat untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat. Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya adalah penyakit flu. Penyakit flu adalah salah satu penyakit yang disebabkan adanya infeksi virus pada sistem pernapasan. 

Baca juga: Mengonsumsi Air Jahe Rutin dapat Memberikan 6 Manfaat Ini

Jahe memiliki banyak kandungan yang berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri, anti virus, dan berbagai kandungan lainnya yang menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. Jika kamu mengalami hidung tersumbat akibat adanya infeksi virus dalam tubuh tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun. Bisa dalam potongan jahe segar atau teh jahe.

Melansir dari Hindawi, efek hangat pada jahe juga menjadi faktor lain yang dapat membantu kamu untuk melegakan hidung tersumbat akibat penyakit flu. Jadi, tidak ada salahnya coba untuk mengonsumsi jahe dalam bentuk makanan maupun minuman agar hidung tersumbat yang kamu alami dapat diatasi dengan baik. 

Kandungan antiinflamasi yang cukup tinggi pada jahe juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Kamu dapat mengompres bagian hidung yang tersumbat dengan air jahe atau mengonsumsi jahe bersama dengan teh. Untuk mengompres, kamu bisa merebus beberapa potongan jahe sekitar 15 menit. Setelah dingin, celupkan kain untuk kompres dan letakkan pada bagian hidung yang tersumbat.

Kenali Manfaat Jahe Lainnya

Manfaat jahe tidak hanya sebatas untuk melegakan hidung yang tersumbat. Jahe memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Melansir Healthline, jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pada pencernaan, salah satunya dispepsia. Bagi wanita, mengonsumsi jahe saat menjalani masa premenstruasi mampu mengurangi kram perut yang biasanya dialami.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada jahe juga menurunkan risiko penyakit kanker. Namun, selain mengonsumsi jahe, jangan lupa untuk selalu perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tubuh selalu terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Hidung Mampet

Jika kamu memiliki keluhan kesehatan, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter mengenai gejala yang kamu alami. Pendeteksian penyakit lebih dini akan membuat gangguan kesehatan lebih mudah ditangani.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger
NDTV Food. Diakses pada 2020. 19 Effective Home Remedies To Get Rid Of A Stuffy Nose
Hindawi. Diakses pada 2020. Ginger and Its Constituents: Role in Prevention and Treatment of Gastrointestinal Cancer
Medical New Today. Diakses pada 2020. Why Is Ginger Good For You?
BMC Complementary Medicine and Therapies. Diakses pada 2020. Ginger extract versus Loratadine in the treatment of allergic rhinitis: a randomized controlled trial