• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Seks di Pagi Hari Bisa Meningkatkan Mood

Mitos atau Fakta Seks di Pagi Hari Bisa Meningkatkan Mood

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Apakah langsung mandi, sarapan atau sekedar menyeduh kopi? Kebiasaan bangun tidur yang itu-itu saja pastinya bisa membuat kamu bosan dan tidak semangat untuk bekerja. Ketika kamu mencapai titik kebosanan tersebut, saatnya untuk mencari cara lain memulai aktivitas pagi hari.

Sudahkah kamu mencoba untuk berhubungan intim dengan pasangan di pagi hari? Hal ini sering mustahil dilakukan saat hari-hari kerja. Pasalnya, di hari-hari biasa kamu harus mengejar waktu untuk bersiap-siap berangkat bekerja. Meskipun begitu, cobalah sekali-kali berhubungan dengan pasangan untuk mengetahui manfaat luar biasanya. Berhubungan intim di pagi hari diketahui mampu meningkatkan mood secara drastis. Benarkah demikian? Ini ulasannya.

Baca juga: Pria, Waspadai Ereksi yang Terlalu Lama

Benarkah Seks Pagi Hari Meningkatkan Mood?

Ternyata, bukan isapan jempol belaka kalau berhubungan intim di pagi hari membantu memudahkan pekerjaan-pekerjaan kamu di kantor. Seks memang dapat meningkatkan tingkat energi dan menghilangkan stres. Kamu pasti sadar, mood otomatis akan naik ketika kamu telah mencapai orgasme.

Melansir dari Healthline, berhubungan intim pagi hari mampu menghasilkan endorfin, bahan kimia yang bekerja menghilangkan rasa sakit dalam tubuh. Nah, pelepasan endorfin ini yang juga membantu meningkatkan suasana hati. Itu sebabnya, kamu mungkin akan merasa lebih bahagia setelah mencapai klimaks. 

Manfaat Seks Pagi Hari Lainnya

Bukan cuma meningkatkan mood saja, masih banyak manfaat berhubungan intim di pagi hari yang perlu diketahui berikut ini:

1. Meningkatkan Libido

Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk berhubungan dengan pasangan. Alasannya, kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya di pagi. Nah, libido seseorang dipengaruhi oleh kadar hormon yang ada dalam tubuh. Jadi, semakin tinggi hormon tersebut, maka libido akan semakin memuncak.

Baca juga: Peyronie Memicu Masalah Kesuburan Pria, Apa Sebabnya?

2. Mempererat Hubungan 

Seks pagi hari bisa membuat kamu dan pasangan lebih dekat. Alasannya, berhubungan intim dapat menghasilkan hormon oksitosin yang yang mengendalikan cinta dan ikatan. Ketika hormon ini dilepaskan selam bercinta, otomatis kamu akan merasa lebih terhubung dengan pasangan.

3. Menyehatkan Otak

Seks di pagi hari ternyata juga mampu mendorong fungsi otak. Semakin sibuk tubuh melepaskan campuran neurotransmiter dan hormon, maka otak semakin terasah. Berhubungan intim juga melepaskan hormon dopamin, hormon perasaan-baik yang bermanfaat bagi kesehatan otak dan kognisi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bukan cuma vitamin C saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Aktif di pagi hari melalui hubungan intim juga meningkatkan kekebalan dengan memicu pertahanan alami tubuh terhadap bakteri, virus, dan kuman lainnya.

5. Bikin Awet Muda

Pelepasan oksitosin, beta endorfin, dan molekul antiinflamasi lainnya selama berhubungan intim adalah kunci untuk terlihat lebih muda. Bahkan, seseorang yang sering berhubungan intim setidaknya tiga kali seminggu dapat membuat terlihat beberapa tahun lebih muda daripada orang yang berhubungan intim lebih sedikit. 

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Philophobia atau Fobia Jatuh Cinta

Itulah berbagai manfaat seks di pagi hari yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu punya masalah seks dengan pasangan, jangan malu untuk bicara dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Morning Sex: How to Get It on in the A.M. and Why You Should.
Women’s Health. Diakses pada 2020. 15 Reasons Morning Sex Is The BEST Sex—And How To Make It Hotter.