• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Shampo Kuda Dapat Memanjangkan Rambut?

Mitos atau Fakta Shampo Kuda Dapat Memanjangkan Rambut?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mitos atau Fakta Shampo Kuda Dapat Memanjangkan Rambut?

“Apakah kamu ingin memiliki rambut panjang nan berkilau? Maka kamu bisa coba manfaat shampo kuda. Meski belum terbukti kuat secara ilmiah, tetapi penggunaan shampo kuda diduga sama baiknya untuk rambut manusia, berkat kandungan tertentu di dalamnya. Namun, penggunaannya juga perlu dibatasi untuk mencegah efek samping.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu ingat pada 2014 silam ada tren perawatan tubuh yang cukup populer, yakni penggunaan shampo kuda untuk memanjangkan dan menyuburkan rambut? Sampo yang awalnya ditujukan untuk kuda ini nyatanya juga memiliki manfaat untuk rambut manusia. Bahkan ia juga diklaim bikin rambut lebih kuat, tebal, dan berkilau layaknya rambut kuda. 

Shampo kuda memang awalnya diformulasikan khusus untuk rambut kuda. Perawatan rambut atau surai kuda ini memang tidak boleh sembarangan, sebab semakin sehat dan kuat surai kuda itu, semakin tinggi nilainya di mata para peminat kuda. Oleh karena itu, peternak kuda di Amerika Serikat sudah lama menggunakan sebuah produk shampo khusus untuk grooming bulu badan dan surai kuda-kuda ternak mereka. 

Namun, benarkah shampo ini sama efektifnya jika digunakan manusia? 

Baca juga: 3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Manfaat Shampo Kuda untuk Manusia

Oleh karena keampuhan shampo racikan tersebut untuk memanjangkan dan menebalkan surai kuda, beberapa orang akhirnya mencoba mengaplikasikan shampo kuda pada rambutnya demi mendapatkan hasil yang sama. Tidak disangka, shampo yang awalnya hanya diperuntukkan untuk kuda ini ternyata menghasilkan efek yang sama baiknya saat manusa mencobanya. Dari sanalah shampo kuda kemudian mulai banyak dipasarkan untuk manusia juga. 

Beberapa manfaat shampo kuda yang diklaim dapat merawat kesehatan rambut manusia, antara lain:

  • Membantu menumbuhkan rambut;
  • Membantu memperbaiki rambut yang bercabang;
  • Mencegah kerusakan rambut lebih lanjut;
  • Membantu membuat rambut lebih lembut dan berkilau;
  • Membantu melindungi warna rambut, serta
  • Membantu mencegah rambut lepek.

Manfaat ini datang dari kandungan asam amino yang juga merupakan bahan untuk memanjangkan rambut. Kamu juga akan mendapatkan manfaat tersebut dari kandungan minyak nabati di dalam si shampo.

Selain itu, shampo ini juga bisa membantu kamu dalam memperbaiki rambut bercabang. Namun, kamu perlu rajin memotong ujung rambut setiap 6 hingga 8 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sayangnya, sejauh ini belum ada penelitian yang cukup kuat untuk membuktikan manfaat shampo kuda. Sampai saat ini hanya ada laporan terbatas tentang efek penggunaan sampo untuk hewan tersebut dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Baca juga: 3 Tips Pilih Sampo yang Tepat untuk Atasi Ketombe 

Ketahui Juga Efek Sampingnya

Jika kamu ingin mencoba shampo kuda, kamu boleh menggunakannya. Namun, alangkah lebih baik menggunakannya sedikit dahulu dan melihat efek yang ditimbulkan setelah pemakaian. Jika cocok dan kamu merasa tidak ada efek samping yang merugikan, kamu bisa melanjutkannya. Namun, jika kamu merasakan ada efek samping yang merugikan, sebaiknya dihentikan. 

Berikut ini adalah beberapa efek samping negatif yang mungkin terjadi saat kamu menggunakan sampo kuda, sehingga perlu kamu pertimbangkan saat hendak melanjutkan penggunaannya:

  • Rambut jadi lebih mudah kering.
  • Jika kamu memiliki rambut yang diwarnai,maka warna rambut lebih cepat memudar.
  • Rambut akan mengembang, terutama pemilik rambut keriting.
  • Rambut rusak akibat terlalu banyak terpapar keratin yang ada dalam shampo.
  • Kulit kepala mudah gatal dan muncul ruam karena kandungan benzalkonium klorida.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Infeksi Jamur pada Kulit Kepala

Itulah beberapa manfaat dan efek samping dari penggunaan shampo kuda. Namun, jika kamu memiliki masalah rambut yang menurutmu cukup serius dan mengganggu, seperti kebotakan, rambut rontok, dan lainnya, maka kamu bisa coba periksakan diri ke dokter di rumah sakit. Kamu pun bisa buat janji dengan dokter di Halodoc supaya lebih mudah. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
British Journal Of Dermatology. Diakses pada 2021. A Novel Cosmetic Approach to Treat Thinning Hair.
EWG’s Skin Deep. Diakses pada 2021, Mane ‘n Tail Body The Original Shampoo (2014 Formulation). 
Journal Of Interdisciplinary Medicine. Diakses pada 2021. Horse Shampoo for Human Hair?