• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Stres Berat Sebabkan Gastritis

Mitos atau Fakta, Stres Berat Sebabkan Gastritis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pekerjaan terus berdatangan dan tidak kunjung selesai? Hal tersebut memang dapat menimbulkan stres pada kebanyakan orang. Jika dibiarkan, banyak dampak buruk yang dapat terjadi. Salah satu gangguan yang dapat disebabkan oleh stres adalah gastritis atau sakit maag. Namun, tidak sedikit orang yang masih menganggap hal tersebut mitos. 

Stres Dapat Sebabkan Gastritis

Gastritis adalah penyakit yang dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Setiap dinding lambung manusia terdapat kelenjar yang berguna untuk menghasilkan asam lambung untuk mencerna makanan. Lendir yang tebal berguna untuk melindungi bagian tersebut dari kerusakan akibat asam lambung dan menghindari peradangan. Meski begitu, beberapa hal dapat menyebabkan asam lambung berlebih sehingga risiko peradangan meningkat.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Naiknya Asam Lambung, Ini Alasannya

Seseorang dapat mengalami produksi asam lambung berlebih saat mengalami stres. Hal tersebut karena terjadinya peningkatan kadar ACH dan histamin, sehingga memicu terjadinya gastritis. Selain itu, stres yang menyebabkan gastritis dapat menimbulkan gangguan erosi lambung jika tidak mendapatkan penanganan dalam waktu yang lama.

Saat seseorang mengalami stres, penurunan resistensi pada mukosa dari racun. Respons tubuh saat menghadapi stres juga dapat menghasilkan penurunan pembaruan lambung yang membuat lapisannya menjadi tipis, atau disebut juga atrofi mukosa. Jika dibiarkan, kelenjar lambung dapat digantikan oleh jaringan ikat. Hal ini termasuk dalam kondisi pra-kanker yang dapat membahayakan pengidapnya.

Beberapa ilmuwan juga mengatakan jika stres dapat membuat bagian dalam tubuh lebih sensitif terhadap asam lambung, salah satunya adalah kerongkongan. Hal tersebut dapat meningkatkan segala gejala yang berhubungan dengan paparan asam lambung. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasi stres agar yang dapat sebabkan gastritis dapat dicegah.

Dokter dari Halodoc juga dapat memberi penjelasan yang lebih lengkap terkait stres yang dapat sebabkan gangguan gastritis. Kamu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan tersebut. Maka dari itu, download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Stres Akibat Pekerjaan Juga Bisa Sebabkan Asam Lambung

Cara Mengatasi Stres yang Berlebihan

Setiap orang harus mengetahui cara untuk mengelola perasaan stres yang berlebih selama hidupnya. Dengan begitu, risiko untuk menyebabkan beberapa kondisi yang merugikan tubuh, seperti gastritis, dapat dihindari. Semakin dini perasaan stres dihindari, maka semakin kecil risiko kamu untuk mengidap gangguan pada lambung tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres:

1. Berolahraga

Cara pertama yang paling umum dilakukan dan memang terbukti ampuh untuk mengatasi stres adalah dengan rutin berolahraga. Kegiatan ini dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang dan mampu melepaskan hormon alami yang menimbulkan rasa senang. Olahraga juga dapat membantu kamu untuk membuat lambung menjadi lebih sehat, sehingga risiko untuk mengidap gastritis semakin kecil.

2. Menghindari Makanan Tertentu

Hal lainnya yang dapat kamu perhatikan untuk menghindari gastritis saat stres adalah menghindari beberapa makanan yang menjadi pemicunya. Diketahui memang beberapa makanan dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan asam lambung lebih banyak. Beberapa makanan tersebut, antara lain makanan pedas, makanan berlemak, dan kandungan kafein.

3. Istirahat yang Cukup

Fakta yang harus kamu ketahui adalah tidur dapat menjadi peredam stres yang alami dan membuat tubuh menjadi rileks. Maka dari itu, selalu pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tubuh tetap sehat. Jika kamu takut asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan, cobalah untuk memposisikan kepala lebih tinggi dari badan.

Baca juga: 5 Penyebab Gastritis yang Perlu Diketahui

Itulah pokok bahasan mengenai stres yang dapat sebabkan terjadinya gastritis. Semua orang wajib untuk mengelola rasa stresnya karena bukan hanya gangguan pada lambung saja yang dapat terjadi. Beberapa penyakit berbahaya juga dapat menyerang jika stres tidak segera diatasi.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Stress-Induced Gastritis.
Healthline. Diakses pada 2020. Can Stress Cause Acid Reflux?