• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Bisa Disembuhkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Bisa Disembuhkan

Mitos atau Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Bisa Disembuhkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Mei 2022

“Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, termasuk otak. Pertanyaannya, apakah penyakit ini bisa disembuhkan secara total?”

Mitos atau Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Bisa DisembuhkanMitos atau Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Bisa Disembuhkan

Halodoc, Jakarta – Lupus adalah salah satu penyakit yang rentan terjadi pada wanita, bahkan di usia yang muda. Penyakit ini termasuk dalam autoimun yang kronis dan perlu didiagnosis dengan cepat. Namun, yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah penyakit ini bisa disembuhkan? Ketahui jawaban terkait mitos dan fakta dari masalah berikut ini!

Lupus Bisa Disembuhkan Termasuk Mitos atau Fakta?

Ternyata, lupus termasuk salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Artinya, jika ada yang bilang lupus bisa sembuh dengan cara tertentu, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Faktanya, lupus termasuk jenis penyakit autoimun yang tidak bisa disembuhkan secara menyeluruh dan dimiliki pengidapnya seumur hidup.

Meski begitu, penyakit ini masih bisa dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas hidup pengidapnya. Contohnya adalah dengan melakukan perawatan dan pengobatan yang sudah ditentukan oleh dokter agar gejalanya tidak mudah kambuh. Tentunya perawatan yang ada sudah disesuaikan dengan kebutuhan per personal.

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Mengurangi dan mencegah munculnya gejala yang disebabkan penyakit lupus.
  • Mengurangi kerusakan organ dan masalah lainnya yang mungkin terjadi.
  • Menurunkan risiko terjadinya pembengkakan dan nyeri akibat peradangan.
  • Menenangkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi dan mencegah terjadinya kerusakan sendi.
  • Menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Pentingnya Konsumsi Obat dan Hidup Sehat

Untuk penyakit lupus yang ringan, dokter biasanya meresepkan obat penghilang rasa sakit serta obat antiinflamasi. Hal ini untuk mencegah peradangan yang mungkin terjadi pada tubuh. Lalu, jika gangguan yang terjadi terbilang parah, dokter dapat meresepkan obat yang lebih kuat agar sistem imunitas tubuh dapat diatur dan melindungi gangguan pada organ bagian dalam tubuh.

Contoh kasus yang parah adalah saat penyakit ini sudah menyerang organ dalam tubuh, seperti ginjal, jantung, atau paru-paru. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi obat secara teratur dan menerapkan hidup sehat agar masalah yang lebih besar bisa dihindari.

Selain konsumsi obat-obatan, dokter juga dapat membuat rencana perawatan lainnya yang telah disesuaikan dengan usia, gejala, riwayat kesehatan, hingga gaya hidup. Diharapkan cara ini mampu mengendalikan lupus agar tidak mudah untuk kambuh.

Sejauh ini memang belum ada obat yang dapat benar-benar mengobati penyakit lupus, tetapi penelitian terus dilakukan. Beberapa obat yang dapat menargetkan sistem kekebalan terus dilakukan uji klinis. Perawatan untuk penyakit ini juga terus dipelajari yang tentu saja lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai penyakit lupus yang bisa disembuhkan ternyata termasuk mitos. Maka dari itu, jika kamu mengalami beberapa gejala dari lupus, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan. Semakin dini penyakit ini didiagnosis, semakin baik perawatan yang bisa dilakukan agar tidak mudah kambuh.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan penyakit lupus di beberapa rumah sakit rekanan dari Halodoc. Cukup dengan menggunakan aplikasi Halodoc, pemesanan untuk pemeriksaan ini bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone. Maka dari itu, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Lupus (Systemic Lupus Erythematosus).
Good Rx Health. Diakses pada 2022. Is There a Cure for Lupus?