• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Zuriat Baik untuk Kesehatan Tulang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Zuriat Baik untuk Kesehatan Tulang

Mitos atau Fakta, Zuriat Baik untuk Kesehatan Tulang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 November 2021
Mitos atau Fakta, Zuriat Baik untuk Kesehatan Tulang

“Faktanya buah zuriat dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang karena tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah zuriat. Vitamin C pada buah zuriat dapat membantu memproduksi kolagen protein pada tulang sehingga meningkatkan kepadatan pada tulang”

Halodoc, Jakarta – Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki tekstur keras dan padat. Ada berbagai fungsi tulang dalam tubuh, mulai dari menjaga organ dalam, membentuk postur tubuh, hingga menunjang pergerakan tubuh. Untuk itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Mengonsumsi buah dan sayuran menjadi kebiasaan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk tulang. Lalu, benarkah buah zuriat menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan tulang? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Fakta Buat Zuriat untuk Kesehatan Tulang

Pernahkah kamu mengonsumsi buah zuriat? Jika belum hal ini termasuk normal, karena buah zuriat jarang sekali ditemukan di Indonesia. Buah zuriat yang dikenal juga sebagai Fruit of Eve merupakan buah yang tumbuh subur di daerah timur tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, hingga Sudan.

Buah zuriat adalah salah satu jenis buah yang memiliki bentuk oval dengan diameter sekitar 6-10 sentimeter. Buah ini memiliki kulit luar berwarna cokelat dan aroma manis yang khas. 

Buah zuriat terkenal karena kandungan dan manfaatnya yang dinilai baik untuk kesehatan, salah satunya mampu meningkatkan kesuburan pasangan suami dan istri. 

Lantas, benarkah buah zuriat juga bermanfaat untuk kesehatan tulang? Ya, faktanya buah zuriat dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang karena tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah zuriat.

Kalsium dan vitamin D menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang secara optimal. Namun, vitamin C juga tidak kalah penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C, hal ini dapat memberikan dampak positif pada proses pembentukan tulang. Vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen protein pada tulang sehingga meningkatkan kepadatan pada tulang. 

Kacie Vavrek, ahli gizi di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh juga dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jadi, faktanya buah zuriat menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tulang karena memiliki kandungan vitamin C. Namun, perhatikan asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan. Kelebihan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan kamu mengalami diare, mual, hingga heartburn.

Menjaga Kesehatan Tulang

Olahraga dinilai menjadi salah satu kebiasaan baik yang bisa membantu kamu memperkuat tulang. Selain itu, dengan berolahraga kamu lebih mudah mengontrol berat badan. 

Menjaga berat badan tetap stabil menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya obesitas, kekurangan berat badan menjadi kondisi yang sebaiknya dihindari karena memicu pengeroposan tulang dan mengurangi kepadatan tulang.

Memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin D, dan K menjadi cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mencari tahu berbagai jenis makanan yang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Specialty Produce. Diakses pada 2021. Zuriat Fruit.
Steemit. Diakses pada 2021. Zuriat Fruit Benefits for Health.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Natural Ways to Build Healthy Bones.
Runners World. Diakses pada 2021. Why Vitamin C Is Important for Your Bone Health.
Nutrients. Diakses pada 2021. Role of Vitamin C in Osteoporosis Development and Treatment—A Literature Review.