• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Mitos dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Mei 2022

“Terdapat beberapa mitos dan fakta kehamilan yang perlu diketahui dan dipahami. Salah satunya adalah mitos makan pedas memicu keguguran, yang tidak terbukti secara ilmiah.”

Mitos dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Di Indonesia, banyak sekali mitos seputar kesehatan yang beredar di masyarakat dipercaya dan dijadikan sebagai patokan.  Tanpa terkecuali, terkait mitos kehamilan yang sudah bersifat turun-temurun. Padahal, tidak semua mitos tersebut dapat diterima dari sisi medis.

Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk memahami informasi mana yang merupakan fakta dan mana yang hanya mitos belaka selama kehamilan. Tujuannya tentu saja agar kehamilan dapat berjalan dengan lancar dan sehat hingga persalinan. 

Nah, agar tidak salah kaprah, ketahuilah beberapa mitos kehamilan beserta penjelasan mengenai faktanya. Penasaran apa saja? Yuk, ketahui ulasannya di sini! 

Berbagai Mitos dan Fakta Kehamilan 

Berikut adalah beberapa mitos kehamilan beserta faktanya, antara lain: 

Mitos Bentuk Perut Ibu dan Jenis Kelamin Bayi

Beredar mitos jika perut Ibu hamil yang membulat ke samping, maka bayi akan berkelamin perempuan. Sementara jika perut ibu meruncing ke depan, berarti bayi akan berkelamin laki-laki.

Fakta Kehamilan

Sebenarnya bentuk perut ibu hamil bergantung kepada bentuk tubuh alami ibu hamil itu sendiri. Bila ibu hamil bertubuh mungil, maka bentuk perut cenderung berbeda dengan bentuk perut ibu hamil yang berpostur tinggi atau besar.

Mitos Larangan Mandi

Ada juga mitos yang mengatakan ibu hamil tidak boleh mandi karena bisa membuat kotoran yang ada di air meresap dan membuat bayi terkontaminasi oleh kotoran dari tubuh ibu.

Fakta Kehamilan

Sebenarnya bayi terlindungi oleh selaput lendir yang membungkus rahim sehingga kotoran tidak akan sampai ke tubuh bayi. Ibu hamil diperbolehkan untuk mandi asalkan memakai air dengan suhu yang sejuk untuk tubuh.

Mitos Makan Pedas 

Mengonsumsi makanan pedas saat hamil dikabarkan dapat memicu keguguran. 

Fakta Kehamilan

Mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan sebenarnya 100 persen aman untuk bayi. Namun, mengonsumsi makanan pedas berlebihan tentunya dapat menyebabkan masalah terkait pencernaan ibu hamil. Misalnya seperti peningkatan asam lambung dan BAB cair atau diare. 

Mitos Berhubungan Intim

Berhubungan intim bisa membahayakan kehamilan.

Fakta Kehamilan

Kamu tidak perlu khawatir selama kondisi kehamilan tidak ada kelainan. Hubungan intim tidak akan membahayakan bayi di dalam kandungan karena bayi terlindung oleh kantong ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal di mulut rahim.

Namun ada baiknya kamu menanyakan terlebih dahulu ke dokter kandungan terkait hubungan intim yang aman saat hamil. Terutama bagi ibu yang berisiko keguguran, persalinan prematur, ataupun terjadi perdarahan dari alat kelamin wanita yang belum diketahui sebabnya. Kemungkinan dokter menganjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim.

Mitos Larangan Berolahraga 

Seorang wanita harus menghindari olahraga saat hamil. 

Fakta Kehamilan 

Faktanya, olahraga ringan hingga sedang memiliki banyak manfaat kesehatan selama kehamilan. Mulai dari membantu ibu hamil mengelola kenaikan berat badan kehamilan hingga berkontribusi pada persalinan dan persalinan yang lebih sehat. Namun, ibu tetap perlu menghindari olahraga berat atau intensitas yang tinggi. 

Mitos Makan Banyak

Saat hamil, ibu hamil harus makan untuk porsi dua orang.

Fakta Kehamilan

Memang benar adanya ibu hamil harus makan untuk dua orang, namun bukan berarti dalam sekali waktu makan ibu harus mengonsumsi dua porsi untuk orang dewasa. Seperti contohnya, wanita dengan berat badan normal, pada saat hamil hanya membutuhkan kalori tambahan sebanyak 300 kalori saja per hari untuk menunjang pertumbuhan bayi. Jumlah tersebut sama dengan segelas susu skim atau susu tanpa lemak. Jadi, jangan sampai kamu menambahkan kalori secara berlebihan karena setelah melahirkan akan sulit membuang kalori lagi nantinya.

Mitos dan fakta kehamilan di atas hanya sedikit dari sekian banyaknya mitos dan fakta tentang kehamilan. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar mitos beserta fakta kehamilan, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter dan meminta saran medis yang tepat.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis untuk informasi medis yang ibu butuhkan. Ibu bisa menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Dr Coppa Obgyn. Diakses pada 2022. Myths and Facts About Pregnancy Every Woman Should Know. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. 14 myths about pregnancy. 
Healthline. Diakses pada 2022. Can You Eat Spicy Food While Pregnant?.
Firstcry. Diakses pada 2022. Eating Spicy Food During Pregnancy.