• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos dan Fakta Pemakaian Shea Butter untuk Kecantikan

Mitos dan Fakta Pemakaian Shea Butter untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mitos dan Fakta Pemakaian Shea Butter untuk Kecantikan

Shea butter hanya bermanfaat sebagai pelembap dan hanya cocok untuk kulit kering! Itu adalah beberapa mitos tentang shea butter yang banyak beredar. Nyatanya, shea butter adalah bahan alami yang punya segudang manfaat untuk kulit dan cocok untuk jenis kulit apa saja.

Halodoc, Jakarta – Bagi para wanita, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan shea butter. Ya, bahan alami yang bermanfaat ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit dan tubuh. 

Seringkali dianggap sebagai “mentega alami untuk tubuh”, shea butter dikenal akan manfaatnya untuk menutrisi dan melembapkan kulit untuk waktu yang lama. Meski begitu, ada beberapa mitos mengenai shea butter yang beredar di masyarakat nih. Mitos-mitos tersebut tidak jarang membuat orang menjadi bingung mengenai pemakaian bahan alami tersebut yang benar. Oleh karena itu, simak fakta dari mitos shea butter di sini.

Kenalan dengan Shea Butter

Sebelum mengetahui mitos-mitos yang beredar seputar shea butter, mari mengenal lebih dekat dengan bahan alami ini. Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari kacang pohon Shea yang banyak ditemukan di benua Afrika. Bentuk mentah dari sehat butter berwarna gading, tetapi setelah diolah, warnanya berubah menjadi putih. Terkadang, penambahan minyak sawit bisa membuat bahan alami tersebut menjadi berwarna kuning. 

Shea butter sudah lama digunakan sebagai bahan kosmetik. Penelitian menunjukkan bahwa mentega alami ini bisa menembus kulit dan memberikan nutrisi serta asam lemak esensial yang dibutuhkan dalam produksi kolagen. Shea butter juga kaya akan vitamin A, E, dan F yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Kombinasi kandungan nutrisinya yang kaya dan konsistensinya yang mudah menyebar membuat shea butter menjadi produk perawatan kulit yang baik untuk menghaluskan, menenangkan, dan mengondisikan kulit kamu. Mentega alami ini bekerja paling baik bila digunakan sebagai krim malam setiap hari. 

Mitos dan Fakta Shea Butter untuk Kecantikan

Berikut adalah beberapa mitos yang seringkali menyesatkan mengenai penggunaan shea butter untuk kecantikan:

  1. Mitos: Shea Butter Hanya Bisa Digunakan Sebagai Pelembap

Fakta: Nutrisi esensial yang dimiliki shea butter memang dinilai sebagai faktor penting dalam pelembap. Namun, tidak hanya untuk melembapkan, shea butter juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan juga menutrisi tubuh secara keseluruhan. Bahkan, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, stretch mark, eksim, psoriasis, dan lain-lain. 

Nyatanya, shea butter tidak hanya ditemukan dalam bentuk krim lho, tetapi bahan alami ini juga digunakan sebagai bahan dasar untuk deodoran, lip balm, dan lain-lain.

  1. Mitos: Shea Butter Hanya Cocok untuk Kulit Kering

Fakta: Shea butter secara teknis adalah produk kacang pohon. Namun, tidak seperti kebanyakan produk kacang pohon, shea butter mengandung protein pemicu alergi yang sangat rendah. Faktanya, tidak ada tulisan medis yang mencatat terjadinya alergi terhadap pemakaian shea butter secara topikal.

Selain itu, shea butter juga tidak mengandung iritan kimia yang diketahui bisa mengeringkan kulit. Bahan alami ini juga tidak menyumbat pori-pori. Jadi, shea butter cocok untuk hampir semua jenis kulit.

  1. Mitos: Shea Butter Mahal dan Sulit Menemukan yang Asli

Fakta: Meskipun shea butter diproduksi dan diimpor dari Afrika, tetapi harganya tidak terlalu mahal. Namun, hal itu juga tergantung pada produk dan toko tempat kamu membelinya. Pastikan kamu memilih produk dengan kandungan shea butter yang murni dengan memeriksa keterangan produk terlebih dahulu atau kamu juga bisa membaca review dari orang yang pernah menggunakan produk tersebut.

Nah, itulah fakta dari beberapa mitos seputar pemakaian shea butter untuk kecantikan. Jadi, jangan langsung percaya dengan banyak mitos kecantikan yang beredar ya, selalu pastikan faktanya. Bila kamu ragu dengan kandungan produk kecantikan tertentu dan manfaatnya untuk kulit, kamu bisa selalu bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi saja dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
African Fair Trade Society. Diakses pada 2021. Shea Butter – Common Myths Are Busted! Learn More
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Shea Butter? 22 Reasons to Add It to Your Routine