• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos Seputar Karbohidrat yang Perlu Diketahui

Mitos Seputar Karbohidrat yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada berbagai manfaat karbohidrat bagi tubuh, seperti sumber energi, memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, dan juga mengurangi risiko penyakit kronis. Untuk itu, sangat penting mengetahui berapa banyak asupan karbohidrat yang kamu konsumsi setiap harinya, agar manfaatnya dapat kamu rasakan.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh

Dengan terpenuhinya kebutuhan karbohidrat, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Meskipun bermanfaat, tetapi mitos seputar karbohidrat cukup banyak sehingga membuat pola makan seseorang menjadi kurang baik. Tidak ada salahnya ketahui beberapa mitos seputar karbohidrat dan ketahui faktanya, di sini.

1.Karbohidrat Membuat Tubuh menjadi Gemuk

Terkadang bagi orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, karbohidrat menjadi musuh utama karena dinilai dapat menambah kenaikan berat badan secara drastis. Padahal, kalori yang berlebih menyebabkan kondisi obesitas. Sebaiknya perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi, perhatikan jumlah kalori yang masuk setiap harinya.


Melansir dari National Institute of Aging, untuk menghindari kelebihan kalori, sebaiknya terapkan pola makan seimbang dan juga rutin lakukan olahraga. Obesitas disebabkan kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar. Rutin berolahraga dapat membantu kamu menurunkan jumlah kalori dalam tubuh.


2.Karbohidrat Berbahaya Bagi Tubuh

Banyak yang mengurangi mengonsumsi karbohidrat karena dinilai dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Faktanya, karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Melansir National Health Service UK, karbohidrat menjadi salah satu makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Karbohidrat sendiri mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti pati, serat, hingga gula. Karbohidrat dapat berbahaya, jika kamu mengalami kekurangan karbohidrat atau dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu sangat penting mengetahui kebutuhan asupan karbohidrat per harinya. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar asupan karbohidrat dapat terpenuhi setiap harinya.

Baca juga: Penting Untuk Tubuh, Ini 6 Fungsi Karbohidrat

3.Karbohidrat Hanya Ada di Dalam Nasi

Jangan termakan mitos tentang karbohidrat yang satu ini. Kamu dapat menemukan karbohidrat dari berbagai jenis makanan. Karbohidrat sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu sederhana dan kompleks. 


Karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna oleh tubuh. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah semua jenis gula, seperti gula jawa atau gula pasir. Karbohidrat sederhana dikenal juga sebagai karbohidrat buruk sehingga kamu perlu membatasi mengonsumsi karbohidrat sederhana.


Karbohidrat kompleks mengandung banyak zat didalamnya sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna dan menyerap karbohidrat kompleks. Kamu dapat menemukan karbohidrat kompleks dalam beberapa jenis makanan, seperti pasta, nasi putih, kacang-kacangan, dan juga sayuran.


4.Asupan Karbohidrat Dapat Tingkatkan Gula Darah

Karbohidrat tidak akan meningkatkan gula darah selama kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan tepat dan tidak berlebihan. Pilihlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


Batasi mengonsumsi karbohidrat sederhana agar kondisi ini tidak menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh. Untuk memantau tekanan gula darah, tidak ada salahnya rutin lakukan pemeriksaan gula darah pada rumah sakit terdekat agar kamu dapat menjaga gula darah tetap dalam keadaan stabil dan normal.

Baca juga: Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita

Itulah beberapa mitos seputar karbohidrat yang sebaiknya dihindari. Manfaat karbohidrat akan kamu rasakan dengan optimal ketika kamu menjalankan pola makan serta gaya hidup sehat secara bersamaan.


Referensi:
National Institute of Aging. Diakses pada 2020. Maintaining a Healthy Weight.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. The Truth About Carbs.
Better by Today. Diakses pada 2020. 6 Myths About Carbs That Are Preventing You From Losing Weight.
Healthline. Diakses pada 2020. For The Last Time: Carbs Don’t Make You Fat