18 October 2018

Mr. P Bau? Mungkin 4 Hal Ini Sebabnya

Mr. P Bau? Mungkin 4 Hal Ini Sebabnya

Halodoc, Jakarta – Bau tak sedap yang keluar dari area reproduksi, terutama Mr P bisa sangat mengganggu. Sebab, Mr P yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan bau khas atau bau tertentu. Lantas, apa penyebab munculnya aroma di bagian intim pria?

Aroma tak sedap pada Mr P, misalnya bau apek, sering terjadi pada pria yang tidak menjaga kebersihan. Selain itu, bau juga sering muncul saat seseorang berkeringat secara berlebihan, misalnya setelah beraktivitas atau berolahraga. Jika itu penyebabnya, kamu bisa mengatasi bau pada Mr P dengan rutin membersihkannya dan selalu berganti pakaian setelah berkeringat.

Lain cerita jika bau yang menyengat muncul tanpa sebab tertentu, dan menjadi lebih parah dari waktu ke waktu. Kondisi ini mungkin menjadi tanda suatu masalah kesehatan yang perlu dicek ke dokter. Aroma tak sedap pada Mr P memang bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi. Agar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja penyebab bau pada area intim pria!

1. Smegma

Sebagian besar penyebab bau tak sedap pada Mr.P adalah kotoran yang menumpuk, misalnya smegma. Smegma adalah kumpulan bercak putih yang terdiri dari campuran sel-sel kulit mati, keringat, minyak, dan tumpukan kotoran pada sekitar lipatan kulit Mr P. Kondisi ini sering terjadi pada Mr P yang tidak disunat, sebab bagian kulit kulup paling rentan berkeringat.

Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika bagian kulit kulup jarang dibersihkan. Tumpukan kotoran bisa memicu berkumpulnya kuman dan bakteri pemicu bau pada Mr P. Pada tingkat yang lebih parah, smegma bisa mengeras dan menyebabkan iritasi, bahkan peradangan infeksi pada organ intim tersebut. Untuk menghindarinya, pastikan selalu membersihkan bagian ini dengan rutin menggunakan air bersih dan sabun tanpa alkohol dan pewangi.

2. Balanitis

Balanitis merupakan satu gangguan pada organ reproduksi pria. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan di bagian kepala Mr.P yang belum disunat. Biasanya, gangguan ini akan menimbulkan gejala, seperti keluarnya bau tidak sedap, nyeri pada bagian kepala penis, merah, dan sakit saat buang air kecil.

Ada beberapa kondisi yang membuat pria rentan mengalami gangguan ini, seperti kebiasaan melakukan hubungan intim tanpa pengaman, jarang membersihkan Mr P, hingga adanya smegma pada penis. Selain itu, kebiasaan membersihkan Mr P dengan sabun yang mengandung zat kimia berlebih juga bisa menjadi pemicu balanitis.

3. Infeksi Jamur pada Mr P

Bau tak sedap pada Mr P juga bisa terjadi karena adanya infeksi jamur candida. Lagi-lagi, kondisi ini menjadi lebih rentan terjadi ke pria yang jarang membersihkan organ intim tersebut. Selain faktor kebersihan, infeksi jamur juga bisa muncul karena tertular dari pasangan yang sudah memiliki infeksi ini sebelumnya.

Berita buruknya, jika infeksi jamur tidak segera diobati maka bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah. Jika menemukan gejala ini dan gangguan terasa semakin parah, jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dan segera mendapat penanganan yang tepat.

4. Infeksi Saluran Kencing

Pria juga bisa mengalami infeksi saluran kencing alias ISK. Nah, salah satu gejala paling umum yang sering terjadi pada pria pengidap ISK adalah rasa sakit dan perih saat buang air kecil, dan munculnya bau tidak sedap dari penis.

Jika kamu ragu dan butuh saran lebih lanjut seputar bau tak sedap dari Mr P, tanya dokter di aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah untuk menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan yang akurat serta tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: