• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah dan Ampuh, Ini Olahraga untuk Mengecilkan Paha
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah dan Ampuh, Ini Olahraga untuk Mengecilkan Paha

Mudah dan Ampuh, Ini Olahraga untuk Mengecilkan Paha

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Mei 2022

“Terdapat beberapa jenis olahraga yang mudah dan ampuh untuk mengecilkan pahamu. Salah satunya adalah latihan interval intensitas tinggi atau HIIT.”

Mudah dan Ampuh, Ini Olahraga untuk Mengecilkan Paha

Halodoc, Jakarta – Memiliki tubuh ideal tentunya merupakan dambaan bagi kebanyakan wanita. Sayangnya, rutinitas yang padat dan gaya hidup yang kurang sehat dapat menimbulkan penimbunan lemak di bagian tubuh tertentu. Nah, salah satu bagian tubuh yang kerap dikeluhkan mengalami penimbunan lemak adalah paha. 

Kondisi paha yang besar tentunya dapat mengganggu penampilan sekaligus menurunkan rasa kepercayaan diri. Jika kamu merupakan salah seorang yang merasakan kondisi tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa olahraga yang mudah dan ampuh untuk mengecilkan paha. Penasaran apa saja olahraga tersebut? Yuk, simak informasinya di sini!

Olahraga yang Ampuh Kecilkan Paha

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis olahraga yang bisa mengecilkan pada:

1. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

Latihan interval intensitas tinggi atau High intensity interval training (HIIT) merupakan olahraga intensitas tinggi yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik intensitas rendah. Jenis olahraga ini dilakukan secara bergantian dalam waktu singkat dalam satu waktu. Terkait manfaatnya, HIIT diketahui efektif dalam membangun kekuatan, menghancurkan lemak, dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Olahraga ini terdiri dari banyak gerakan, misalnya seperti jumping jacks, push up, step-up onto chair, squat, plank, hingga lunge. Umumnya, latihan interval intensitas tinggi dilakukan sekitar 20-50 menit. Untuk gerakannya, setiap gerakan masing-masing dilakukan selama 30 detik dengan diselingi istirahat 10 detik.

Agar HIIT berjalan secara optimal, pastikan kamu memulai olahraga ini dengan pemanasan selama tujuh hingga 10 menit dalam kondisi stabil (tanpa interval). Jika kamu baru mencobanya, sebaiknya pilihlah gerakan yang tidak terlalu berat atau sulit. 

2. Latihan Kekuatan

Banyak orang yang berpikir kalau dampak latihan kekuatan pada lemak tubuh tidak terlalu optimal. Lantaran pembakaran kalori yang dihasilkan dari satu sesi latihan kekuatan jauh lebih rendah daripada yang terbakar saat menjalani HIIT atau olahraga kardio.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan kalau latihan kekuatan dapat memicu reaksi hormonal dalam tubuh. Reaksi ini dikenal dengan istilah cellular crosstalk yang dikabarkan dapat merangsang sel-sel lemak untuk terpecah.

Artinya, latihan beban diharapkan dapat mengurangi lemak, meskipun kalori yang terbakar selama latihan ini tidaklah sebanyak HIIT atau olahraga kardio. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia tentu masih diperlukan guna menguji efektivitasnya.

3. Latihan Kardio

Selain latihan interval intensitas tinggi dan latihan kekuatan, jangan lupa juga melakukan olahraga kardio untuk membakar lemak. Nah, ada beberapa olahraga kardio yang dapat kamu lakukan, seperti bersepeda, berenang, dan berlari. Beberapa jenis olahraga kardio tersebut juga dapat kamu gabungkan dengan latihan kekuatan agar proses pembakaran lemak berjalan secara maksimal.

4. Senam Zumba

Senam zumba juga dapat menjadi cara cepat dan efektif dalam mengecilkan paha. Pasalnya, dalam latihan senam zumba ada banyak gerakan yang  memang secara khusus bertujuan untuk menguatkan paha. Menariknya lagi, senam zumba juga lumrah dilakukan dengan iringan musik, sehingga olahraga yang satu ini tidak akan membosankan.

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mengecilkan paha secara ampuh. Mulai dari latihan interval intensitas tinggi (HIIT), hingga senam zumba. Selain melakukan beberapa jenis olahraga tersebut, pastikan juga kamu menjaga pola makanmu dengan baik, ya. Sebab, asupan yang dikonsumsi setiap harinya juga memengaruhi kadar lemak dalam tubuh secara signifikan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar olahraga yang tepat untuk mengecilkan paha, tanyakan saja pada dokter spesialis. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Kamu dapat menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. So You Want to Know How to Lose Inner Thigh Fat? Read This. 
Verywell Fit. Diakses pada 2022. High Intensity Interval Workouts for Weight Loss.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the best ways to lose leg fat?