• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah, Ini Cara Mengobati Batuk Kering yang Dialami Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah, Ini Cara Mengobati Batuk Kering yang Dialami Anak

Mudah, Ini Cara Mengobati Batuk Kering yang Dialami Anak

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan batuk kering pada anak. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan beberapa langkah, termasuk menggunakan humidifier dan konsumsi air hangat.”

Mudah, Ini Cara Mengobati Batuk Kering yang Dialami Anak

Halodoc, Jakarta – Batuk adalah mekanisme pertahanan alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan jalan napas, dan menghilangkan mikroba serta benda asing di dalamnya.

Batuk kering menjadi salah satu jenis gangguan yang umum dialami anak, dan bisa juga disebut batuk non produktif. Untuk menghilangkan rasa gatal akibat iritasi tenggorokan yang mengganggu, ibu dapat melakukan beberapa langkah sederhana.

Tips Mengobati Batuk Kering pada Anak

Batuk kering menjadi salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami saat malam hari. Dalam intensitas yang ringan, mengobati batuk kering anak dapat dilakukan dengan langkah sederhana, seperti:

  1. Posisikan kepala anak lebih tinggi agar dapat tidur lebih nyenyak. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh GERD atau postnasal drop.
  2. Berikan cairan hangat, seperti teh tanpa kafein atau kaldu ayam. Jika diberikan secara rutin, cairan hangat dapat mengencerkan lendir dan menciptakan menimbulkan menenangkan.
  3. Pertimbangkan untuk memberikan obat batuk pada anak atau permen pelega tenggorokan. Ibu juga bisa memberikannya madu untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat batuk.
  4. Untuk meredakan iritasi tenggorokan, ibu bisa memandikannya dengan air hangat. Bagi anak yang berusia di bawah 2 tahun, ibu bisa memberikannya uap air panas dengan duduk di kamar mandi selama 20 menit.
  5. Jika udara di ruangan terlalu kering dan panas, ibu bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara. Selain mengatasi batuk kering, humidifier juga dapat melembapkan kulit dan bibir anak.

Batuk kering merupakan pertanda adanya gangguan pada saluran pernapasan bagian atas. Banyak penyebab yang mendasari, sehingga langkah pengobatan yang dilakukan akan bergantung pada penyebabnya.

Jika anak merasa kesulitan bernapas, segera buat janji rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Jika ibu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Does My Kid Have a Dry Cough?
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to treat a dry cough in children.
Parents. Diakses pada 2022. Dry Cough in Kids: Causes, Remedies, and When to See a Doctor.