• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat Dan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat Dan Alami

Mudah, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat Dan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Mei 2022

“Cara menurunkan tekanan darah tinggi tak harus melalui konsumsi obat-obatan. Sebab ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan, mulai dari rutin berolahraga hingga mengurangi asupan garam."

Mudah, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat Dan Alami

Halodoc, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah masalah yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jika dibiarkan. Selain dengan mengonsumsi obat, terdapat beberapa cara lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi ini. Nah, berikut cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang bisa dicoba di rumah.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami

Tekanan darah tinggi dijuluki sebagai penyakit “silent killer”. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke. Dua penyakit tersebut bahkan menjadi penyebab kematian di beberapa negara besar.

Nah, gaya hidup dapat memainkan peran penting sebagai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Jika seseorang mampu mengontrol tekanan darahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat, bisa jadi kebutuhan untuk mengonsumsi obat-obatan bisa dikurangi. Alhasil, risiko terhadap risiko penyakit berbahaya akibat komplikasi hipertensi juga bisa diturunkan.

Lantas, apa saja sih cara alami untuk menurunkan tekanan darah? 

1. Jaga Berat Badan Ideal

Salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami adalah dengan menurunkan berat badan berlebih agar mendapatkan angka yang ideal. Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberikan tekanan lebih pada arteri, sehingga menimbulkan tekanan darah lebih tinggi. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan berbagai cara yang sehat agar berat badan selalu ideal.

2. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Olahan

Kurangi konsumsi makanan yang kaya gula dan terbuat dari karbohidrat olahan. Gula (terutama fruktosa) mampu meningkatkan tekanan darah lebih tinggi dibandingkan garam. Selain itu, batasi pula asupan karbohidrat olahan. Diet rendah karbohidrat mampu menurunkan tekanan darah diastolik sekitar 5 mmHg, dan sistolik sebesar 3 mmHg setelah dilakukan selama 6 bulan.

3. Rutin Berolahraga

Oolahraga dapat memperkuat jantung dan membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi. Orang yang sehat disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu. Jika sudah lama tidak berolahraga, cobalah lakukan secara perlahan untuk mencegah terjadinya cedera. Awali dengan berolahraga ringan layaknya berjalan kaki.

4. Kurangi Konsumsi Natrium

Pastikan juga untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung natrium. Seseorang yang membatasi asupan garam memiliki risiko lebih kecil untuk alami tekanan darah tinggi. Maka dari itu, pastikan untuk mengurangi konsumsi garam agar tekanan darah tetap normal.

5. Tingkatkan Konsumsi Kalium

Kalium dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh natrium pada pembuluh darah. Seseorang yang rutin mengonsumsi makanan kaya kalium cenderung memiliki tekanan darah yang rendah. Nah, beberapa makanan tersebut adalah kacang polong, susu sapi, kentang panggang, pisang, dan bayam.

Itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang bisa dilakukan di rumah. Pastikan untuk melakukan semua cara tersebut agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari hipertensi beserta komplikasinya. Sebaiknya lakukan semua hal tersebut secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Kamu juga bisa bertanya pada dokter mengenai cara menurunkan darah tinggi secara alami. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan dokter bisa dilakukan kapan dan di mana saja sesuai keinginan. Maka dari itu, segera gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk merasakan kemudahannya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. 10 ways to control high blood pressure without medication.
Healthline. Diakses pada 2022. 17 Effective Ways to Lower Your Blood Pressure.
On Health. Diakses pada 2022. How Can I Lower My Blood Pressure Immediately, Naturally?