• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah Lelah saat Bekerja? Ini 4 Ciri-Ciri Kurang Darah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mudah Lelah saat Bekerja? Ini 4 Ciri-Ciri Kurang Darah

Mudah Lelah saat Bekerja? Ini 4 Ciri-Ciri Kurang Darah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Juni 2022

“Bukan hanya mudah lelah, napas menjadi lebih pendek dan sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda kurang darah. Sebaiknya waspada terhadap kondisi tersebut.”

Mudah Lelah saat Bekerja? Ini 4 Ciri-Ciri Kurang Darah

Halodoc, Jakarta – Rasa lelah bisa saja dialami jika kamu terlalu lama bekerja tanpa istirahat. Namun, setelah beristirahat biasanya kondisi tubuh dapat menjadi lebih optimal.

Namun, jika lelah yang kamu alami dialami secara terus menerus dan tidak membaik meskipun telah beristirahat, kamu perlu waspada. Bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan yang dikenal sebagai anemia atau kurang darah. Sebaiknya kenali ciri-ciri kurang darah lainnya agar kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan baik.

Kelelahan Hingga Sakit Kepala Bisa Jadi Tanda Kurang Darah

Anemia adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah sehat. Kondisi ini menyebabkan organ tubuh kekurangan oksigen sehingga memicu berbagai gejala pada pengidapnya.

Ada beberapa gejala yang perlu kamu waspadai terkait dengan ciri-ciri kurang darah pada tubuh, seperti:

  1. Kelelahan

Saat kamu mengalami anemia akan membuat kadar hemoglobin dalam tubuh menjadi rendah. Kondisi ini menjadi alasan pengidap anemia mengalami kelelahan terus menerus.

  1. Nyeri Dada

Saat sel darah merah berkurang membuat kadar oksigen yang dibawa juga menurun. Ketika kadar oksigen rendah dalam darah, jantung akan bekerja keras untuk mengimbanginya. Situasi ini membuat tekanan pada jantung semakin besar, tidak teratur, dan menyebabkan nyeri dada.

  1. Napas Menjadi Lebih Pendek

Anemia menyebabkan darah tidak membawa cukup oksigen. Dampaknya, pengidapnya lebih rentan mengalami sesak napas atau napas yang menjadi lebih pendek.

  1. Sakit Kepala

Kurangnya oksigen dalam darah juga memicu keluhan kesehatan lain. Sakit kepala adalah salah satu contohnya.

Sebaiknya jangan abaikan ciri-ciri kurang darah yang kamu alami. Anemia yang tidak diatasi dengan baik dapat memicu kelelahan terus menerus, gangguan jantung, hingga kematian.

Segera tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami gejala terkait anemia. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Anemia.

Texas Medical Institute. Diakses pada 2022. 10 Symptoms of Anemia You Shouldn’t Ignore.