• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Diet Rendah Kalori, Intip Cara Atur Porsi Makan Ini

Mulai Diet Rendah Kalori, Intip Cara Atur Porsi Makan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Ingin menjalani diet rendah kalori? Bisa-bisa saja. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan diet rendah kalori. Diet ini dilakukan dengan membatasi asupan kalori yang masih ke dalam tubuh, salah satu gunanya adalah untuk menurunkan bobot tubuh yang berlebihan. Tidak ada aturan khusus untuk melakukan diet ini.

Sama halnya dengan diet yang lainnya, kamu hanya disarankan untuk mengatur porsi makan, agar asupan yang masuk ke dalam tubuh seimbang. Jika ingin melakukan diet yang satu ini, kamu bisa memulai dengan mengatur porsi makan yang dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini:

Baca juga: Berat Badan Cepat Turun, Cari Tahu Dulu Kekurangan Diet Karbo

1.Gandum

Gandum bukan hanya mengandung rendah kalori saja, tetapi juga tinggi akan protein dan serat. Dalam 40 gram gandum kering, terdapat 148 kalori, 5,5 gram protein, serta 3,8 gram serat. Protein dan serat dapat mengurangi rasa lapar dan menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

Jika dikonsumsi secara rutin, gandum dapat membuat rasa kenyang bertahan lama, sehingga mampu mengurangi rasa lapar. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari konsumsi kalori berlebihan, sehingga asupan kalori pada waktu makanan berikutnya dapat ditekan.

2.Telur

Telur menjadi salah satu makanan dengan kandungan padat nutrisi. Asupan ini memiliki kandungan kalori yang rendah serta banyak nutrisi penting lainnya. Dalam satu buah telur yang berukuran besar, mengandung 72 kalori, 6 gram protein, serta banyak vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Jika kamu mengonsumsinya saat sarapan, satu butir telur yang berukuran besar dapat mengurangi rasa lapar dan mempertahankan kenyang lebih lama.

Baca juga: Alasan Apel Dapat untuk Menurunkan Berat Badan

3.Ikan

Sudah tidak diragukan lagi, ikan menjadi salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi guna menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang satu ini juga cocok sebagai menu makanan diet rendah kalori. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan kod. Dalam 3 ons atau 85 gram ikan cod dapat memberikan lebih dari 15 gram protein, tetapi kurang dari 70 kalori. Selain ikan kod, kamu bisa mengonsumsi ikan flounder dan ikan halibut.

4.Chia Seed

Chia seed merupakan salah satu superfood yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menjalani diet rendah kalori. Dalam 1 ons atau 28 gram chia seed mengandung 137 kalori, 4,4 gram protein, dan 10,6 gram serat. Makanan ini juga mampu menyerap 10–12 kali beratnya dalam air. Kandungan serat yang tinggi membuat makanan ini bergerak secara perlahan pada saluran pencernaan, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Selain beberapa jenis makanan tersebut, diet ini harus dilakukan dengan mengonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari, dengan 2–3 kali makanan selingan. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral sesuai kebutuhan, serta air putih sebanyak 8–10 gelas per hari. Jangan lupa untuk menghindari buah durian, manisan buah, buah kaleng, atau makanan dengan kandungan santan.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Itulah sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi saat melakukan diet rendah kalori. Untuk mengetahui berapa kadar yang tepat dikonsumsi, kamu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc. Ingat, melakukan diet boleh-boleh saja, tetapi dengan aturan yang tepat. Jika dilakukan sembarangan, alih-alih sehat, kamu justru mengidap masalah kesehatan tertentu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 32 Healthy, Low-Calorie Snacks.
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Natural Substitutes for Sugar.
Healthline. Diakses pada 2020. 38 Foods That Contain Almost Zero Calories.