• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sejak pertama kali dikonfirmasi oleh otoritas Tiongkok pada awal Januari lalu, perkembangan virus corona semakin mengkhawatirkan. Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, pemerintah Tiongkok memperketat pembatasan perjalanan. Akibatnya, Wuhan yang menjadi tempat pertama virus ini muncul, telah diisolasi dan tidak memperbolehkan warganya untuk pergi dari kota tersebut.

Fenomena mewabahnya virus bukan yang pertama kali terjadi di dunia. Beberapa wabah penyakit akibat virus seperti SARS, flu burung, flu babi, adalah deretan penyakit yang  tercatat pernah membuat keresahan penduduk dunia. WHO menyarankan semua orang untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka dari penyakit berbahaya dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, virus ini tidak mudah menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Baca juga: Infeksi Virus vs Infeksi Bakteri, Lebih Berbahaya Mana?

Daya Tahan Tubuh yang Baik, Kunci Terhindar dari Infeksi Virus

Secara keseluruhan, sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Ketika sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, ia dapat mendeteksi ancaman, seperti bakteri, parasit, dan virus, dan memicu respons kekebalan untuk menghancurkannya. Meskipun pada sebagian besar kasus mereka dapat bekerja secara efektif, namun terkadang sistem kekebalan bisa saja tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya, kamu mengalami infeksi. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara yang disarankan untuk meningkatkan kekebalan imun seseorang adalah melalui pola makan. Melansir dari Healthline, makanan yang mengandung vitamin C adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Inilah alasan banyak orang memilih konsumsi suplemen vitamin C.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Suplemen Vitamin C dan Vitamin B Kompleks: Solusi Tepat Perkuat Daya Tahan Tubuh

Melansir penelitian yang dilakukan Huijskens MJ dan timnya dari Maastricht University Medical Center, vitamin C terlibat dalam banyak hal terkait sistem kekebalan tubuh. Pertama, vitamin C bekerja membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh terhadap infeksi. Kedua, vitamin C membantu sel-sel darah putih ini berfungsi lebih efektif sambil melindungi mereka dari kerusakan oleh molekul-molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas.

Selain itu, kadar vitamin C yang rendah dalam konsumsi harian juga dikaitkan dengan tingkat kesehatan yang buruk. Misalnya, pengidap pneumonia cenderung memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah, dan suplemen vitamin C terbukti mempersingkat waktu pemulihan.

Begitu pula dengan Vitamin B Kompleks (B1, B2, B3,B5,B6) bekerja bersama Vitamin C untuk  untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan menjaga tingkat energi tetap tinggi, yang merupakan kunci untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ketika kita kehilangan energi, tubuh kita menjadi rentan terhadap penyakit. Seperti Vitamin C, vitamin B larut dalam air yang berarti tidak dapat disimpan dalam tubuh. Dengan kata lain, ambil Enervon-C Anda setiap hari. Enervon-C mengandung Vitamin C dan B Kompleks untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghambat penyebaran Virus.

Dengan mengonsumsi Enervon-C setiap hari, maka kamu memenuhi kebutuhan vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terlebih dengan kabar mewabahnya virus corona semakin mengkhawatirkan, rasanya menjadi hal yang tepat jika membantu pertahanan tubuh dengan rutin mengonsumsi suplemen ini satu tablet sehari.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Kamu pun tidak perlu bingung untuk mendapatkan suplemen ini. Kini kamu bisa menggunakan fitur beli obat di Halodoc untuk membeli Enervon-C di apotek terdekat. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, obat atau suplemen yang kamu pesan akan dikirimkan langsung ke tempatmu.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body.
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. How to Boost Your Immune System.
Web MD. Diakses pada 2020. Keep Your Immune System Healthy.