Mulai Kendur? Intip Cara Merapatkan Kembali Miss V

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Mulai Kendur? Intip Cara Merapatkan Kembali Miss V

Halodoc, Jakarta – Para ibu yang habis melahirkan biasanya menjadi kurang bergairah melakukan hubungan intim dengan suami, karena Miss V atau vagina yang melonggar. Apalagi bagi ibu yang memilih melahirkan secara normal. Tapi jangan menyerah dulu, coba intip cara merapatkan kembali vagina berikut ini untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu saat di atas ranjang.

Persalinan normal atau vaginal birth dapat membuat vagina ibu menjadi lebih longgar dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena otot panggul dan otot vagina ibu merenggang saat mendorong bayi keluar, sehingga vagina menjadi longgar.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

Vagina yang longgar dapat menurunkan kepuasan dalam bercinta karena sensasi gesekan yang menyenangkan berkurang. Ibu pun akan menjadi tidak percaya diri dan sulit mencapai orgasme saat berada di atas ranjang.

Menurut Keith McNiven, direktur dari Right Path Fitness mengungkapkan terdapat beberapa latihan sederhana untuk memperkuat otot pelvik yang membantu ibu untuk mengembalikan ukuran vagina. Hal ini tentu dapat meningkatkan keintiman antara ibu dan pasangan.

Untuk itu, lakukan beberapa olahraga sederhana ini untuk merapatkan kembali vagina, yaitu:

1. Senam Kegel

Senam kegel menjadi salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan untuk kembali merapatkan ukuran vagina. Otot pelvik merupakan salah satu otot yang berkaitan dengan bagian rektum, vagina, dan uretra pada panggul.

Nah, rutin melakukan senam kegel dapat mengencangkan otot pelvik, salah satunya bagian vagina. Caranya, kamu bisa mengencangkan otot pelvik selama beberapa detik, kemudian lepaskan beberapa detik. Lakukan gerakan ini 10 hingga 15 kali sebanyak 3 kali dalam satu hari. Kamu bisa lakukan gerakan ini sambil berbaring atau berdiri.

2. Orgasme

Cara lainnya untuk merapatkan kembali vagina dengan melakukan hubungan intim itu sendiri dan wanita mengalami orgasme. Saat orgasme, otot dasar panggul ibu dilatih untuk berkontraksi dan melepaskan. Jadi, otot dasar panggul ibu akan semakin kuat jika ibu sering orgasme. Otot dasar panggul yang semakin kuat juga akan memudahkan ibu mencapai orgasme.

Baca juga: Boleh Tidak Membersihkan Miss V dengan Air Rebusan Daun Sirih?

3. Glute Bridge

Gerakan ini menjadi salah satu gerakan sederhana yang dapat membantu ibu mendapatkan kembali ukuran vagina yang kencang setelah melahirkan. Ibu dapat lakukan gerakan ini dimulai dengan gerakan berbaring pada alas yang tidak licin. Berbaringlah dengan bagian kedua lutut menekuk dan terpisah.

Pastikan kaki menempel pada alas yang baik dan letakkan kedua tangan pada sisi tubuh. Perlahan angkat bagian panggul dari lantai hingga membentuk sebuah jembatan. Tahan selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini beberapa kali setiap sesi latihan.

4. Thermiva

Menurut Journal of Obstetrics and Gynecology of India, tindakan thermiva ini merupakan salah satu tindakan yang digunakan untuk kembali merapatkan bagian vagina. Prosedur perawatan kewanitaan ini menggunakan tenaga radio frekuensi. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan alat berbentuk tongkat sebesar jari telunjuk ke area labia dan vulva jaringan torestore.

Ketika dimasukkan, alat tersebut dalam keadaan panas bersuhu 42-45 derajat yang menaikkan pembuluh darah dan merangsang kolagen. Lalu, gelombang frekuensi radionya akan memanaskan jaringan dan mengaktifkan kembali kolagen di area vagina. Kolagen baru yang dihasilkan dari stimulasi frekuensi radio ini dapat membantu mengencangkan vagina.

Namun, lebih baik berdiskusi terlebih dulu dengan dokter ketika ingin melakukan tindakan thermiva ini. Kini bertanya dengan dokter ahli bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

5. Medicine Ball Sit Up

Gerakan ini sebenarnya merupakan gerakan sit up biasa, namun medicine ball sit up dilakukan sambil memegang bola dengan kedua tangan. Selain dapat mengencangkan vagina, latihan sederhana ini dapat digunakan untuk menghilangkan lemak-lemak pada bagian perut sehingga ibu dapat memiliki ukuran perut yang ideal.

Jika kamu mempunyai pertanyaan lain seputar kehidupan seks, kamu bisa langsung bertanya kepada ahlinya di Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Daily Mail UK. Diakses pada 2019. Revealed: The Five Exercises That Will Strengthen Your Pelvic Floor Muscles to Improve Your Love Life
Women Health. Diakses pada 2019. Staying Healthy and Safe
National Library of Medicine  National Institutes of Health. Diakses pada 2019. ThermiVa: The Revolutionary Technology for Vulvovaginal Rejuvenation and Noninvasive Management of Female SUI