20 June 2018

Mulai Masuk Kerja Setelah Lebaran, Ini Cara Kembalikan Mood

cara mengembalikan mood

Halodoc, Jakarta – Libur lebaran yang panjang sebentar lagi usai. Sudah saatnya untuk masuk kerja lagi deh. Tapi kok rasanya malas banget ya?. Tenang, bukan cuma kamu doang kok yang merasa seperti itu. Banyak orang yang masih terlena dengan nikmatnya liburan, sehingga mereka jadi malas-malasan saat kembali bekerja. Daripada kerja jadi tidak produktif karena rasa malas setelah liburan, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan agar lebih bersemangat.

1. Ingat Kembali Tujuanmu Bekerja

Coba ingat-ingat lagi, apa yang menjadi tujuanmu bekerja? Apakah untuk menghidupi keluarga? Untuk beli rumah? Atau supaya bisa pergi berlibur lagi? Nah, jadikan tujuanmu tersebut sebagai motivasi untuk kembali bekerja. Dengan mengingat kebahagian keluarga atau tujuan yang bisa kamu wujudkan dengan bekerja, kamu pun akan jadi lebih bersemangat untuk kembali masuk kantor.

2. Jangan Lupa Sarapan

Di hari pertama masuk kerja lagi setelah liburan panjang, satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah sarapan. Mengonsumsi sarapan sehat dapat memberikan pasokan energi yang kamu butuhkan agar tetap bersemangat sepanjang hari. Namun, hindari menyantap makanan berlebihan saat siang hari agar kamu tidak merasa ngantuk dan akhirnya membuat kamu jadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan.

(Baca juga: 5 Pilihan Makanan Terbaik utuk Sarapan)

3. Minum Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang ampuh untuk mendongkrak semangat dan mengusir rasa kantuk. Penulis kesehatan Stephen Braun mengungkapkan bahwa reseptor kafein dapat menghambat adenosine, senyawa dalam otak yang menyebabkan kantuk. Dalam dosis rendah, kafein juga diketahui bisa meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Tapi ingat, batasi agar jumlah kopi yang kamu minum tidak berlebihan karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

(Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahayanya Kebanyakan Minum Kopi)

4. Berolahraga Ringan

Banyak bergerak juga bisa menghindarkanmu dari rasa malas. Segera setelah bangun di pagi hari, cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan seperti meregangkan tubuh, lari sebentar di atas treadmil, atau yoga. Olahraga mampu meningkatkan kadar oksigen ke otak, sehingga kamu akan merasa lebih segar dan bersemangat. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan hormone dopamine, norepinefrin dan serotonin yang akan meningkatkan fokus seseorang, terutama saat sedang bekerja.

(Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat)

5. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih juga berpengaruh terhadap semangatmu kembali bekerja. Hal ini karena air putih dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, melumasi sendi-sendi agar tetap lentur dan mempertahankan suhu tubuh yang normal.

6. Rencanakan Hang Out Setelah Pulang Kerja

Coba rencanakan jalan-jalan bersama teman-teman kantor setelah pulang kerja agar kamu lebih semangat bekerja. Kamu bisa janjian dengan teman-teman untuk makan di restoran kekinian, nonton film bioskop terbaru atau shopping agar mood kamu kembali ceria setelah bekerja. Hal ini juga bisa bikin kamu semangat dan produktif ketika bekerja.

7. Mendengarkan Musik yang Ceria

Mendengarkan musik favorit yang bertempo cepat juga bisa meningkatkan semangatmu di masa-masa awal masuk kerja lagi lho. Kamu bisa mendengarkan musik saat sedang dalam perjalanan menuju ke kantor atau saat sedang bekerja karena musik terbukti dapat membuatmu lebih fokus dan memperbaiki suasana hati, sehingga kamu bisa lebih produktif bekerja.

Itulah beberapa cara agar kamu dapat melewati hari pertamamu kembali bekerja dengan semangat. Kalau kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.