• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Sehat Padat Pilihan untuk Si Kecil

Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Sehat Padat Pilihan untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Saat anak sudah mulai tumbuh gigi, ada banyak yang perlu diperhatikan ibu. Terutama soal makanan padat yang mulai dikonsumsi Si Kecil saat ia berusia enam bulan. Makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan ibu harus sesuai dengan kemampuan Si Kecil mengunyah makanan. Jangan asal pilih, berikut adalah makanan padat pilihan yang cocok untuk Si Kecil yang baru tumbuh gigi.

Alpukat
Enggak cuma kaya akan nutrisi, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut di mulut. Rasa dari buah alpukat juga terbilang netral sehingga bisa melatih indera perasa Si Kecil yang baru mengenal rasa.

Pisang
Karena teksturnya yang lembut, pisang biasa dipilih sebagai makanan padat untuk Si Kecil. Selain itu, buah pisang juga lebih mudah digigit dan dicerna oleh Si Kecil. Selain itu, pisang punya rasa manis dan nutrisi tinggi yang baik untuk Si Kecil.

Kentang & Labu
Makanan ini bisa mengenyangkan untuk Si Kecil. Pengolahannya adalah dengan dikukus atau direbus kemudian dihaluskan agar mudah ditelan oleh Si kecil yang baru tumbuh gigi.

Pepaya
Buah berwarna oranye ini punya manfaat yang baik bagi pencernaan sehingga dapat menyehatkan pencernaan Si Kecil. Selain itu, rasa dari pepaya matang pun manis dan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikunyah oleh Si Kecil.

Wortel
Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, wortel sangat baik untuk membantu menyehatkan mata Si Kecil. Agar mudah dicerna, wortel bisa direbus dan kemudian dihancurkan agar mudah dikunyah oleh anak.

Tahu
Kaya akan protein dan tekstur yang lembut, tahu menjadi makanan padat pilihan yang bisa diberikan pada anak yang baru tumbuh gigi. Ibu bisa memberikan secara plain atau dibumbui sedikit untuk melatih indera perasa anak.

Biskuit
Saat ini sudah ada banyak biskuit untuk bayi yang memang disarankan untuk diberikan sebagai makanan pertama anak. Biskuit bayi ini biasanya sudah dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga baik diberikan sebagai camilan.

Ikan
Dibandingkan ayam dan daging, ikan memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Coba pilih ikan tuna atau ikan kakap yang tidak memiliki banyak serat dan mudah dicerna untuk Si Kecil.


Untuk menu harian Si Kecil yang baru mengonsumsi makanan padat, ibu bisa mengkombinasikan makanan yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan anak. Pilih menu sayuran dan juga lauk pauk yang mudah dikunyah dan lembut di mulut. Hindari rasa yang terlalu kuat karena anak masih sensitif terhadap rasa, ya.

Menu MPASI untuk Si Kecil bukanlah makanan utama, karena Si Kecil masih harus mengonsumsi ASI. Jadi pertimbangkan untuk porsi makan Si Kecil agar tidak berlebihan dan cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Yang terpenting adalah selalu bicarakan dengan dokter mengenai kesehatan Si Kecil. Termasuk ketika ibu memberikan MPASI untuk anak. Selalu sedia aplikasi Halodoc agar bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana saja agar mudah menghubungi dokter Anak. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, keperluan medis seperti obat-obatan, suplemen, dan vitamin untuk Si Kecil juga bisa dibeli di Halodoc, lho. Pesanan akan siap diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.