Mumpung Lagi Natal, Saatnya Cek Kesehatan Bagian Tubuh Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mumpung Lagi Natal, Saatnya Cek Kesehatan Bagian Tubuh Ini

Halodoc, Jakarta – Cek kesehatan sebetulnya bukanlah rutinitas yang hanya perlu dilakukan oleh para lansia. Semua orang dari berbagai tingkatan umur juga wajib melakukan cek kesehatan rutin. Menjelang liburan Natal ini bisa jadi saat yang tepat untuk melakukan cek kesehatan. Selain sebagai ajang diri kamu melakukan introspeksi diri apa saja yang kamu lakukan selama satu tahun kebelakang, momen ini bisa membuat kamu lebih memperhatikan kondisi tubuh karena kesehatan adalah hal yang paling penting.

Ini beberapa dokter spesialis yang penting untuk kamu kunjungi sebelum liburan Natal tiba:

Spesialis THT

THT atau otolaryngology adalah spesialisasi medis yang berhubungan dengan gangguan dan kondisi daerah telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dan area terkait kepala dan leher. Jika kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan area tersebut, maka sangat disarankan untuk datang menemui dokter spesialis THT. Dokter THT akan mengecek kesehatan kondisi telinga, seperti gangguan pendengaran, infeksi telinga, gangguan yang mempengaruhi keseimbangan, tinnitus (dering di telinga), atau rasa sakit di telinga. Dokter THT juga akan mengobati masalah yang mempengaruhi hidung, rongga hidung, dan sinus. Masalah-masalah ini dapat berpengaruh pada bau, pernapasan, dan penampilan fisik. Selain itu, dokter THT juga akan mengatasi kondisi yang berpengaruh pada tenggorokan yang memengaruhi ucapan, makan, menelan, dan pencernaan.

Jadi apabila kamu memiliki gejala seperti masalah keseimbangan tubuh, sinus, asma, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, hidung berdarah atau sebagainya, mengunjungi dokter spesialis THT akan membantumu mengatasi masalah-masalah tersebut.

Spesialis Mata

Pentingnya memeriksakan mata tidak hanya untuk memastikan penglihatan tidak buram. Ini beberapa alasan pentingnya pemeriksaan mata secara rutin:

  • Membantu Proses Belajar Anak, sebagian besar pembelajaran anak akan membutuhkan penglihatan yang baik. Hal ini juga merupakan efek dari semakin maraknya gadget yang anak gunakan setiap hari. Pemeriksaan mata rutin penting dilakukan untuk memastikan anak memiliki penglihatan yang baik demi mendukung aktivitas pembelajarannya.

  • Mendeteksi Masalah Serius, tahukah kamu bahwa melalui pemeriksaan kesehatan mata, kondisi kesehatan keseluruhan juga terpantau? Hal ini karena pembuluh darah di retina adalah indikator terhadap kondisi kesehatan tubuh dan mampu mendeteksi masalah seperti diabetes, hipertensi, dan hiperkolesterolemia.

  • Mencegah Kondisi yang Tidak Diinginkan, kini banyak sekali anak-anak usia muda sudah harus menggunakan kacamata karena mereka menderita rabun jauh. Pemeriksaan rutin akan membantu seorang anak terkena masalah lanjutan di masa yang akan datang seperti katarak, glaukoma, atau lainnya.

Spesialis Kulit

Kenyataanya, tidak semua masalah kulit mampu diatasi dengan cara-cara sederhana yang dilakukan di rumah. Dokter kulit akan membantu kamu dalam mengobati berbagai masalah kulit, termasuk:

  • Jerawat, jika kamu memiliki masalah kulit yang tidak merespon jika diberikan produk perawatan kulit, maka sudah waktunya kamu untuk pergi ke dokter kulit. Dokter kulit akan memberikan perawatan kulit yang tepat berdasarkan kondisi kulitmu.

  • Kanker Kulit, diskusikan dengan dokter semua hal mengenai perubahan-perubahan yang kamu alami. Pemeriksaan kulit secara rutin juga akan membantumu untuk terhindar dari kanker kulit. Selain itu, tahi lalat yang mengalami perubahan bentuk atau warna juga disinyalir dapat berkembang menjadi kanker.

  • Menghilangkan bekas luka, jika suatu hari kamu mengalami luka akibat terbakar, tersayat, atau operasi bedah, maka kamu wajib mengunjungi dokter kulit untuk membantu menghilangkan bekas lukanya. Namun jika kondisinya terlalu sulit untuk diatasi dokter kecantikan, ia mungkin merujukmu ke dokter bedah plastik.

Tetap sehat selama liburan Natal dengan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti di atas. Agar tak repot, gunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk diskusi tentang kondisi kesehatanmu. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: