• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Muncul Borok di Kepala, Begini Cara Ampuh Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Muncul Borok di Kepala, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Muncul Borok di Kepala, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 September 2022

“Borok di kepala biasanya bukan disebabkan oleh masalah yang serius dan bisa menghilang dengan sendirinya. Cara ampuh mengatasi borok di kepala adalah dengan mengobati penyebabnya.”

Muncul Borok di Kepala, Begini Cara Ampuh MengatasinyaMuncul Borok di Kepala, Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Munculnya borok di kulit kepala bisa memicu rasa gatal, bahkan terkadang menyakitkan. Meski begitu, kebanyakan borok di kepala tidak perlu dikhawatirkan, karena biasanya bukan disebabkan oleh masalah yang serius. 

Namun, masalah kulit kepala tersebut juga bisa menjadi tanda dari kondisi yang membutuhkan penanganan. Dengan mengetahui penyebabnya, borok di kepala pun bisa diobati dengan cara yang tepat. Yuk, ketahui cara ampuh mengatasi borok di kepala di sini.

Cara Ampuh Mengatasi Borok di Kepala

Perawatan untuk mengatasi borok di kepala perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit kepala tersebut:

1. Tea Tree Oil

Beberapa studi sudah menemukan bahwa tea tree oil efektif untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti ketombe dan psoriasis yang bisa menjadi penyebab borok di kepala. Manfaat tea tree oil lainnya adalah untuk mengobati kutu kepala, tapi hal itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Minyak alami ini sudah banyak dijual di pasaran, baik dalam bentuk minyak utuh maupun yang sudah diolah menjadi shampo. Namun, tea tree oil bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa didapatkan secara langsung dari potongan tanaman lidah buaya atau sebagai produk yang dijual bebas. Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya langsung ke area kulit kepala yang terdapat borok. Penelitian sudah menemukan bahwa bahan alami ini efektif untuk mengatasi psoriasis.

3. Minyak Ikan atau Suplemen Omega-3

Suplemen yang hadir dalam bentuk pil ini sudah bisa didapatkan di mana-mana. Minyak ikan bisa membantu mengurangi peradangan pada kondisi, seperti eksim dan psoriasis, yang bisa menyebabkan borok di kepala. Namun, manfaat minyak ikan ini perlu diteliti lebih lanjut.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, pastikan kamu membersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur bila memiliki borok di kulit kepala. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Usahakan untuk keramas setiap hari sampai gejala mereda.
  • Bila kamu menggunakan sampo obat, pastikan kamu mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya. Pasalnya, penting untuk membiarkan sampo selama waktu yang disarankan agar bahan aktifnya bisa bekerja.
  • Selama mengobati borok di kulit kepala, hindari menggunakan produk kecantikan atau penataan rambut yang bisa mengiritasi kondisi kamu.

Ketahui Penyebab Borok di Kepala

Nah, berikut adalah beberapa penyebab umum borok di kulit kepala:

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah ruam merah yang gatal. Ini disebabkan oleh kontak langsung dengan iritasi atau alergen. Ruam bisa muncul di mana saja di tubuh, termasuk di kulit kepala. Menggaruknya bisa menyebabkan luka terbuka dan borok. 

Beberapa produk mengandung wewangian dan bahan lain yang bisa menyebabkan dermatitis kontak di kepala, antara lain sampo, produk penata rambut, dan pewarna rambut.

Gejalanya yang mengganggu seperti gatal, perih, dan seperti terbakar bisa diredakan dengan kompres dingin. Letakkanlah kain dingin di atas borok selama 10-15 menit sebanyak beberapa kali dalam sehari.

  • Psoriasis

Ini adalah kondisi kulit yang tidak menular yang bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh. Psoriasis bisa menyebabkan borok tebal berwarna abu-abu keperakan di seluruh kulit kepala. Ini adalah jenis psoriasis yang umum. Menurut Psoriasis and Psoriatic Arthritis Alliance, sekitar 50 persen pengidap psoriasis mengalami psoriasis kulit kepala.

Pada kasus yang ringan, masalah kulit kepala tersebut bisa diatasi dengan sampo obat yang bisa mengurangi rasa gatal. Sampo untuk mengatasi psoriasis harus mengandung asam salisilat dan tar. Namun, bila hal itu tidak membantu, pengidap mungkin memerlukan steroid topikal atau injeksi.

  • Kutu Rambut

Kutu rambut adalah serangga tak bersayap yang hidup di kulit kepala. Mereka menghisap darah dan gigitannya bisa terasa gatal. Namun, menggaruk bisa menyebabkan luka dan borok di kulit kepala. Kutu rambut tidak menyebabkan masalah, tapi borok bisa terinfeksi.

Pilihan pengobatan untuk kutu rambut, antara lain sampo yang mengandung piretrin atau permetrin, obat-obatan seperti ivermectin oral, dan obat topikal.

  • Dermatitis Seboroik

Ini adalah kondisi kulit yang umum yang memengaruhi daerah berminyak di kulit kepala. Dermatitis seboroik menyebabkan bercak kulit berminyak yang ditutupi oleh serpihan gatal dan berkerak. Serpihan bisa berwarna putih atau kuning. Menggaruk bintik-bintik tersebut bisa menyebabkan borok.

Menggunakan sampo ketombe dan minyak zaitun pada kulit kepala bisa membantu mengatasi dermatitis seboroik.

  • Eksim

Eksim biasanya muncul di area kulit yang terlihat, tapi terkadang juga bisa muncul di tempat-tempat yang kurang mudah dilihat, seperti bagian atas kepala. Eksim kulit kepala menyebabkan kulit gatal, kering, merah, dan meradang, serta sensasi terbakar. Menggaruk kulit kepala bisa menyebabkan borok. Cara ampuh untuk mengatasi eksim adalah dengan menggunakan sampo, salep, krim yang mengandung asam salisilat dan tar.

Itulah beberapa cara mengatasi borok di kepala. Bila kamu mengalaminya, coba periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Scabs and Sores on Scalp: Causes and Treatment.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Causes of Scalp Scabs and How to Treat Them