• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Muncul Jerawat di Dagu, Benarkah Tanda PMS?

Muncul Jerawat di Dagu, Benarkah Tanda PMS?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Munculnya jerawat pada area wajah memang umum terjadi namun dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tidak hanya itu, jerawat yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan peradangan atau bekas jerawat yang cukup terlihat pada wajah. Jerawat merupakan masalah kulit yang muncul akibat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Baca juga: Mengapa Jerawat Muncul saat Datang Bulan?

Tentunya jerawat dapat dicegah dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan juga penggunaan perawatan kulit yang tepat. Namun, bagi wanita, menjelang menstruasi menjadi kondisi yang membuat banyak jerawat muncul pada area wajah, termasuk dagu. Benarkah jerawat yang muncul pada dagu menjadi tanda bagi wanita yang menjalani siklus menstruasi

Alasan Muncul Jerawat di Dagu saat PMS

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang memiliki jerawat, salah satunya adalah masalah hormonal. Menjelang menstruasi berarti juga mengalami perubahan hormon. Saat memasuki siklus menstruasi, ada perubahan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh karena adanya persiapan rahim untuk proses pembuahan.

Perubahan hormon yang terjadi meningkatkan produksi sebum yang berfungsi sebagai minyak alami untuk kulit. Ketika peningkatan sebum pada kulit terjadi dan kurang menjaga kebersihan tubuh atau wajah, maka kondisi ini meningkatkan risiko pori-pori wajah tersumbat akibat bercampurnya minyak atau sebum, sel kulit mati, dan bakteri.

Namun, perubahan hormon tidak hanya menyebabkan jerawat muncul pada dagu. Jerawat dapat muncul pada area-area wajah yang kebersihannya kurang terjaga dengan baik. Lalu, apa penyebab jerawat kerap muncul pada area dagu? Risiko kemunculan jerawat pada dagu dapat disebabkan karena kebiasaan memegang wajah menggunakan tangan yang kotor, paparan debu pada area dagu, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Baca juga: Jelang Menstruasi, Benarkah Jerawat Sering Muncul di Dagu?

Lakukan Ini untuk Mengatasi Jerawat

Jangan panik jika muncul jerawat pada dagu maupun pada wajah. Lakukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi jerawat agar jerawat dapat segera hilang dan tidak meninggalkan bekas luka pada wajah, yaitu: 

1. Bersihkan Wajah

Sebelum membersihkan wajah, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air yang mengalir. Setelah itu, bersihkan wajah. Melansir Elle, tidak ada salahnya melakukan proses double cleansing untuk menghilangkan debu, bakteri, maupun sel kulit mati agar tidak menumpuk pada wajah. Tentunya, wajah yang bersih dapat menghindari kamu dari munculnya jerawat pada wajah, khususnya pada dagu.

2. Hindari Memencet Jerawat

Hentikan kebiasaan memencet jerawat pada wajah karena dapat menyebabkan peradangan dan bekas luka pada wajah. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter ketika jerawat yang dimiliki semakin parah dan meradang. Sebaiknya gunakan obat jerawat yang sesuai jenis kulit kamu agar jerawat pada menghilang tanpa bekas.

3. Jangan Lupa Berolahraga

Rutin berolahraga kamu dapat membuat sirkulasi darah menuju wajah mengalir lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar mampu menyuplai oksigen untuk kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: 5 Cara Simple Cegah Jerawat

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul pada dagu. Selain menjaga kebersihan kulit wajah, kamu dapat lakukan perawatan kulit yang bisa membantu kamu menghilangkan jerawat. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan, baik perawatan pada klinik kecantikan maupun perawatan di rumah dengan menggunakan bahan alami.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to do About Chin Pimple
Medical News Today. Diakses pada 2020. Hormonal Acne: What You Need to Know
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Acne
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of That Chin Pimple