Musim Hujan Datang, Perbanyak Asupan Vitamin C?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Musim Hujan Datang, Perbanyak Asupan Vitamin C?

Halodoc, Jakarta - Saat ini sudah memasuki musim hujan, selain sedia payung sebelum hujan kamu juga perlu sedia vitamin C. Maklum saja, musim hujan membuat suhu udara menjadi dingin, sehingga tubuh kamu membutuhkan pertahanan supaya tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan.

Pada tanda awal gejala dingin, kamu membutuhkan vitamin C, baik dalam bentuk suplemen, jus, teh, dan bentuk lainnya. Vitamin C adalah vitamin penting karena mengandung antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat kamu tetap kuat dan sehat. Vitamin C juga digunakan dalam pemeliharaan tulang, otot, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca juga: Musim Penghujan, Cegah Flu dengan 4 Makanan Ini

Mencegah dan Mengobati Gejala Pilek saat Musim Hujan

Vitamin C ditemukan secara alami dalam sayuran dan buah-buahan, terutama jeruk dan buah jeruk lainnya. Vitamin kunci ini juga tersedia sebagai suplemen makanan alami dalam bentuk pil vitamin C dan tablet.

Vitamin C telah dipelajari selama bertahun-tahun sebagai pengobatan yang mungkin untuk masuk angin, atau sebagai cara untuk membantu mencegah masuk angin. Sedikit atau banyak, terdapat manfaat dari vitamin C untuk mencegah atau mengobati flu biasa. Mengonsumsi 200 miligram atau lebih vitamin C setiap hari dapat mengurangi frekuensi, durasi, atau tingkat keparahan pilek. 

Sebenarnya, mengonsumsi vitamin C saat pilek tidak membuat pilek lebih pendek atau kurang parah. Ketika diminum setiap hari, vitamin C sangat sedikit mempersingkat durasi dingin, hanya 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak. 

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Rata-rata orang dewasa yang mengalami pilek selama 12 hari setahun masih akan mengalaminya sekitar 11 hari setahun, jika orang itu mengonsumsi vitamin C dosis tinggi setiap hari selama tahun itu. Sementara untuk anak-anak yang mengalami sekitar 28 hari penyakit flu setahun, dengan minum vitamin C dosis tinggi setiap hari kemungkinan masih mengalami sekitar 24 hari penyakit flu. 

Selain sering digunakan sebagai penangkal penyakit, vitamin C juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

1. Antioksidan yang Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh kamu. Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mereka melakukannya dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Saat radikal bebas menumpuk, mereka dapat mempromosikan keadaan yang dikenal sebagai stres oksidatif, yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis. Mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30 persen.

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Sekitar sepertiga orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Gangguan ini membuat kamu berisiko terkena penyakit jantung yang menjadi penyebab utama kematian secara global. Vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang dengan dan tanpa tekanan darah tinggi. Namun, tentu saja kamu tidak boleh hanya mengandalkan vitamin C saja untuk pengobatan. Komunikasikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai pengobatan tekanan darah tinggi yang tepat. 

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Banyak faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida. Vitamin C dapat membantu mengurangi faktor-faktor risiko ini, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Mengurangi Kadar Asam Urat Darah

Gout merupakan radang sendi yang mempengaruhi orang dewasa. Gangguan ini sangat menyakitkan dan melibatkan peradangan pada sendi, terutama pada jari kaki. Orang yang mengalami gout mengalami pembengkakan dan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah. Gejala gout muncul saat orang terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang diproduksi oleh tubuh. Pada level tinggi, mungkin mengkristal dan disimpan dalam sendi. 

Referensi:

Health Line. Diakses pada 2019. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body.

WebMD. Diakses pada 2019. Vitamin C for Common Cold