• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ngemil di Malam Hari, Ini Bahaya untuk Kesehatan

Ngemil di Malam Hari, Ini Bahaya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ngemil di Malam Hari, Ini Bahaya untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Terkadang, meskipun sudah makan malam, rasa lapar masih bisa datang saat tengah malam. Akhirnya, muncul keinginan untuk ‘ngemil’. Ngemil malam mungkin dapat menghilangkan rasa lapar yang dirasakan, namun kegiatan ini ternyata menimbulkan dampak negatif untuk tubuh.

Ngemil di malam hari, terlebih jika dilakukan sebelum tidur bisa berbahaya untuk kesehatan. Terlebih kalau kamu suka mengonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, tinggi kalori, atau tidak bergizi.

Ini bahaya ngemil malam untuk kesehatan tubuhmu, yaitu:

1. Meningkatkan Berat Badan

Ketika kamu tidur dan tidak beraktivitas, maka sistem pembakaran tubuh otomatis menurun. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak. Penambahan lemak kemudian memicu risiko peningkatan berat badan.

Baca Juga: Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

2. Diabetes Melitus

Melansir dari Live Strong, studi yang dilakukan oleh Perelman School of Medicine dari University of Pennsylvania menunjukkan, ngemil di malam hari tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Ngemil malam sebelum tidur dapat menumpuk lemak di tubuh, khususnya bagian perut.

Lemak yang ada perut ini yang berbahaya karena berhubungan dengan resistensi insulin yang dapat mengganggu metabolisme gula. Tentunya hal ini bisa memicu munculnya penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula darah.

3. Penyakit Lambung atau GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang sering dipicu oleh kebiasaan makan yang dilanjut dengan berbaring atau tidur. Perlu diketahui, jika lambung penuh dengan makanan dan kamu langsung berbaring di tempat tidur, maka kondisi ini membuat asam lambung mudah naik ke arah kerongkongan.

4. Mengganggu Kualitas Tidur

Aktivitas ngemil malam sebelum tidur bisa membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Proses ini membuat kamu tidak bisa langsung tidur karena perut yang kekenyangan.

5. Penyakit Jantung

Adanya penumpukan lemak karena ngemil malam sebelum tidur berakibat menyumbat pembuluh darah jantung. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kondisi ini juga membuat kamu berisiko terkena serangan jantung.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

6. Memengaruhi Fungsi Otak

Kebiasaan ngemil di malam hari juga bisa berdampak negatif bagi kinerja otak khususnya dalam hal menyimpan memori dalam jangka panjang dan kemampuan berpikir kamu secara keseluruhan.

Selain itu, kebiasaan ngemil malam serta sering terlambat makan adalah salah satu penyebab rusaknya siklus tidur dan bangun. Ngemil di malam hari bisa mengacaukan siklus tidur dan bangun, sehingga memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan dan fungsi kognitif.

7. Mengubah Selera Makan

Artikel dalam Live Strong mengenai efek makan larut malam juga menyebutkan bahwa ngemil di malam hari mampu mengubah selera makan. Manusia memiliki hormon disebut ghrelin yang memberi tahu tubuh kapan saatnya makan. Hormon ini biasanya memuncak di siang hari.

Manusia juga memiliki hormon leptin yang membuat tubuh merasa kenyang. Hormon ini memuncak ketika seseorang makan di siang hari. Nah, ketika kamu punya kebiasaan ngemil malam, kamu dapat mengacaukan dari hormon tersebut.

Mencegah Ngemil di Malam Hari

Kalau kamu pengin ngemil malam hari, ada baiknya menghindari mengonsumsi camilan yang tidak sehat dan menggantinya dengan camilan lebih sehat, seperti buah-buahan segar. Seperti buah apel bisa membantu kamu tetap terjaga jika memang masih harus melakukan aktivitas di malam hari.

Baca Juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Selain itu, hindari mengonsumsi kopi di larut malam jika ingin tetap terjaga di malam hari. Kebiasaan minum kopi di malam hari memicu masalah kesehatan pada lambung. Untuk menjaga kesehatan tubuh, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih yang cukup.

Tentang pola dan jadwal makan yang benar, kamu bisa menanyakannya pada dokter atau ahli gizi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Why Late-Night Snacking Can Be Harmful to Your Heart Health.
Live Strong. Diakses pada 2020. The Effects of Eating Late at Night.