• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Normalkah Ciri Hamil Tanpa Ada Rasa Mual?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Normalkah Ciri Hamil Tanpa Ada Rasa Mual?

Normalkah Ciri Hamil Tanpa Ada Rasa Mual?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 Maret 2021
Normalkah Ciri Hamil Tanpa Ada Rasa Mual?

Halodoc, Jakarta - Bagi banyak wanita, salah satu tanda awal kehamilan adalah mual atau morning sickness. Di trimester awal kehamilan, mual ini tidak memiliki batasan waktu, ia bisa datang saat bangun tidur, siang, dan malam. Ada juga yang menyebutkan bahwa mual adalah ciri hamil anak perempuan yang akurat. Meskipun normal, kondisi ini juga bisa mengganggu. Apalagi jika ibu sampai kehilangan selera makan. 

Banyak wanita yang mampu melewati masa berat ini dengan meyakini diri bahwa ini adalah pertanda bahwa bayi sedang bertumbuh. Namun, bagaimana jika pada trimester awal kehamilan ibu tidak merasa mual? Apakah bayi masih bisa tumbuh dan sehat? Apakah tidak mual di pagi hari saat trimester awal kehamilan jadi tanda gangguan tertentu? 

Baca juga: Ini 10 Tanda Mual Ibu Hamil Sudah Masuk Tahap Waspada

Tidak Mual Saat Hamil

Pertama-tama, jangan khawatir dahulu saat ibu tidak alami morning sickness pada trimester awal kehamilan. Bagi sebagian orang, mual di pagi hari hanyalah gejala kehamilan yang tidak pernah mereka alami. Oleh karena itu, jika ibu hamil tidak alami mual dan muntah seperti kebanyakan ibu hamil, maka ini masih dikatakan normal. 

Mengutip laporan dari Autonomic Neuroscience, diperkirakan 70 hingga 80 persen orang hamil mengalami mual dan/atau muntah. Jadi masih ada 20 sampai 30 persen yang sama sekali tidak mengalami mual di pagi hari.

Banyak orang mengalami morning sickness pada 4 bulan pertama kehamilannya. Faktor yang berkontribusi pada mual termasuk peningkatan hormon dan penurunan gula darah. Jika ibu hamil anak kembar atau lelah karena sakit, stres, atau bepergian, ibu mungkin mengalami morning sickness pada tingkat yang lebih berat.

Mual dalam kehamilan berkisar dari pengalaman mual yang ringan dan jarang hingga hiperemesis ekstrem, dengan sering muntah yang memerlukan rawat inap pemenuhan nutrisi dan hidrasi. 

Jika ibu pernah merasa sangat mual pada kehamilan sebelumnya, ingatlah bahwa hanya karena ibu pernah mengalami morning sickness di masa lalu, tidak ada jaminan ibu akan mengalaminya lagi. 

Lagipula ibu bisa memetik manfaat dari tidak mual saat awal kehamilan. Dengan begini, ibu bisa makan dengan lebih mudah sehingga kebutuhan nutrisi bayi di dalam kandungan akan tercukupi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen kehamilan yang disarankan dokter. Ibu juga bisa beli suplemen kehamilan di Halodoc, sehingga Ibu jadi tak perlu lagi repot keluar rumah karena pesanan akan dikirimkan kurang dari satu jam dalam kemasan yang rapi dan aman.

Baca juga: 8 Mitos Kehamilan yang Perlu Diketahui Ibu 

Benarkah Mual Ciri Hamil Anak Perempuan yang Akurat? 

Apakah ibu pernah mendengar kabar bahwa ciri hamil anak perempuan yang akurat sering mual di awal kehamilan. Sementara kondisi tidak mual saat hamil adalah ciri hamil anak laki-laki. 

Informasi ini didasarkan pada keyakinan bahwa kadar hormon lebih tinggi saat mengandung bayi perempuan. Logika di balik ini adalah bahwa kadar hormon yang lebih tinggi dapat menyebabkan rasa mual yang meningkat. Dengan demikian, bayi perempuan dikabarkan datang dengan hari-hari mual yang intens, dan hamil dengan bayi laki-laki seharusnya berjalan lancar tanpa banyak mual.

Namun bukti ilmiah yang mendukung teori ini terbatas. Banyak mual sebagai ciri hamil anak perempuan yang akurat belum bisa dibuktikan. Namun, para peneliti mencatat bahwa faktor lain, termasuk usia ibu, apakah dia merokok, dan BMI sebelum hamil juga mempengaruhi kemungkinannya.

Pada akhirnya, ibu tidak dapat menentukan jenis kelamin bayi dari apakah ibu mengalami mual di pagi hari atau tidak. Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui apakah ibu memiliki anak laki-laki atau perempuan sebelum melahirkan adalah melalui tes kromosom atau USG.

Baca juga: 5 Mitos Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Perlu Diluruskan

Jadi kini ibu paham bahwa tidak mual saat hamil adalah hal yang normal, dan mual-mual berlebihan selama hamil belum tentu ciri hamil anak perempuan yang akurat. Perlu digaris bawahi, ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan dengan baik agar bayi bisa tumbuh dengan optimal hingga waktunya melahirkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Myths vs. Facts: Signs You’re Having a Baby Girl.
Healthline. Diakses pada 2021. No Morning Sickness? You Don’t Need to Worry.
Tommy's. Diakses pada 2021. If You Don't Get Morning Sickness, There's No Need to Worry.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Is Absence of Morning Sickness a Sign of Miscarriage?