Nyaris Meninggal Usai Disengat Tawon, Ini Penanganannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Nyaris Meninggal Usai Disengat Tawon, Ini Penanganannya

Halodoc, Jakarta – Suwarti (80), seorang wanita asal Sragen, Jawa Tengah mengalami kejadian yang cukup membahayakan nyawanya. Pada Selasa (8/10) wanita yang akrab dengan sebutan Mbah Warti ini diserang ratusan tawon atau dikenal dengan lebah di kebunnya setelah mengambil daun pisang.

Ketika sedang membersihkan daun pisang yang ia ambil, secara tidak sengaja Mbah Warti menyenggol sarang tawon sehingga menyebabkan Mbah Warti diserang ratusan tawon. Beruntungnya, Mbah Warti cepat dibawa ke rumah sakit oleh warga sekitar sehingga mendapatkan penanganan untuk menangani kondisi kesehatan Mbah Warti.

Ketahui Penanganan Pertama Sengatan Tawon

Tidak hanya Mbah Warti, semua orang dapat merasakan kepanikan dan kecemasan pada kesehatan tubuhnya setelah mengalami serangan tawon. Sengatan tawon dapat menyebabkan munculnya benjolan yang terasa panas dan sakit. Sebaiknya lakukan beberapa penanganan pertama saat tersengat tawon, yaitu:

1. Cabut Bekas Sengatan Terlebih Dahulu

Saat menyengat manusia, biasanya tawon atau lebah meninggalkan stinger atau bagian tubuh tawon yang digunakan untuk menyengat pada permukaan kulit. Tidak ada salahnya untuk periksa terlebih dahulu area tubuh yang menjadi lokasi penyengatan tawon atau lebah agar kamu bisa mencabut stinger yang tertinggal pada kulit. Sebaiknya usahakan agar stinger keluar dari kulit untuk mencegah kondisi infeksi pada kulit.

2. Cuci Bekas Sengatan

Setelah stinger kamu keluarkan, segera cuci bekas sengatan dengan air yang mengalir. Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan area kulit yang mengalami sengatan tawon.

3. Kompres Area Sengatan

Setelah area sengatan dibersihkan, kamu bisa lakukan kompres untuk meredakan pembengkakan maupun nyeri yang muncul. Kamu bisa mencoba mengompres bagian yang tersengat dengan menggunakan es batu yang sudah dilapisi dengan kain lembut atau dengan gel lidah buaya untuk membantu melembapkan kulit serta mengurangi peradangan.

Perhatikan Gejala yang Muncul Setelah Sengatan Tawon

Sengatan tawon dapat membahayakan bagi sebagian orang. Kondisi ini disebabkan sengatan tawon bisa bersifat anafilaktik dimana seseorang yang terkena sengatan lebah mengalami kondisi alergi yang cukup berat. Jika sudah begini, segera bawa korban ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan secara medis.

Seseorang yang mengalami kondisi anafilaktik dapat mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti:

  1. Mengalami kesulitan bernapas;

  2. Mengalami pembengkakan yang cukup parah pada beberapa bagian tertentu, seperti area wajah, bibir dan juga leher;

  3. Mual yang disertai dengan muntah;

  4. Kram perut;

  5. Detak jantung yang berdetak semakin cepat;

  6. Pusing;

  7. Kesulitan Menelan.

Perlu dilakukan penanganan terhadap kondisi anafilaktik dengan pemberian suntikan epinephrine dan pernapasan buatan jika terdapat gangguan pada jantung. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan agar terhindar dari sengatan tawon atau lebah. Usahakan selalu menggunakan pakaian yang lengkap dan tertutup ketika kamu akan berkegiatan pada kebun. 

Sebaiknya jika kamu melihat tawon atau sarang tawon yang ada di sekitar kamu, jangan berusaha untuk memukul atau memegang sarang tawon yang ada. Hindari tawon maupun sarang tawon secara perlahan agar tawon tidak merasa terancam dan menyerang kamu. Jangan lupa untuk tetap tenang dan tidak panik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. First Aid for Bites and Stings
Medical News Today. Diakses pada 2019. What To Do if You’re Stung By a Bee