08 January 2018

Nyatanya, Olahraga dalam Tim Lebih Seru & Bikin Semangat

Nyatanya, Olahraga dalam Tim Lebih Seru & Bikin Semangat

Halodoc, Jakarta – Berdasarkan jumlah pemainnya, olahraga dibagi ke dalam dua jenis, yaitu olahraga individual dan olahraga tim. Secara umum, olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan stamina dan melatih otot-otot tubuh. Namun, jika dilakukan secara beregu, kegiatan olahraga dapat memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman yang bermanfaat. Yuk, coba olahraga tim.

Kebanyakan orang biasanya memilih berolahraga sendirian karena berbagai macam alasan, seperti praktis, tidak perlu repot mengajak orang lain dan harus bekerja sama dengan banyak orang. Jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individual pun lebih banyak, yaitu berjalan kaki, berlari, berenang, bersepeda, dan lain-lain. Tapi tahukah kamu bahwa olahraga yang dilakukan secara beregu juga tidak kalah seru dan mengasyikkan lho, seperti sepakbola, basket, voli, dan lain-lain. Selain untuk kesehatan fisik, olahraga tim juga dapat mengajarkan berbagai hal positif yang bermanfaat untuk kesehatan mentalmu.

1.  Belajar Bekerja Sama
Pelajaran penting yang pastinya akan kamu dapatkan lewat olahraga tim adalah teamwork atau kerja sama. Kamu tidak akan bisa mencapai kemenangan jika tidak bisa bekerja sama dengan baik dengan anggota lainnya. Cara bekerja sama yang baik yang dipelajari lewat olahraga tim ini juga bisa kamu terapkan pada kehidupan pekerjaan, seperti bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja, saling bahu membahu menyelesaikan suatu pekerjaan, dan mengambil tanggung jawab bersama.

2.  Belajar Memimpin dan Dipimpin
Dalam sebuah tim olahraga, pasti ada orang yang memimpin dan orang yang dipimpin. Ketika kamu dipilih sebagai pemimpin, kamu akan belajar tentang leadership, yaitu bagaimana mengatur anggota tim dengan masing-masing kelebihannya sehingga bisa menghasilkan kerja sama yang baik. Pemimpin yang baik juga bisa menyemangati dan memotivasi anggota timnya. Sebagai anggota yang dipimpin, kamu akan belajar tentang kedisiplinan dan patuh kepada pimpinan.

3.  Belajar Tidak Mementingkan Diri Sendiri
Olahraga tim bukanlah pertunjukkan satu orang saja. Misalnya pada olahraga sepakbola, seorang pemain harus mau mengoper bola kepada pemain lainnya supaya pemain tersebut bisa menendangnya ke arah gawang untuk mencetak gol. Koordinasi yang baik seperti itu juga bisa mengajarkan seseorang untuk bisa menghilangkan keinginan untuk menonjolkan diri sendiri dan lebih memikirkan kepentingan bersama.

4.  Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi
Tidak hanya belajar bekerja sama, dengan ikut olahraga tim, kamu juga belajar membangun relasi dengan orang lain, sehingga kemampuan bersosilasasimu pun meningkat dan temanmu semakin bertambah banyak. Berlatih bersama, kekalahan dan kemenangan yang ditanggung bersama adalah momen-momen yang akan semakin mempererat hubunganmu dengan sesama anggota tim.

5.  Belajar Bertanggung Jawab

Jika bergabung dalam sebuah tim olahraga, kamu akan dituntut untuk berkomitmen dan bertanggung jawab kepada tim tersebut. Kamu wajib datang latihan tepat waktu, berlatih dengan sungguh-sungguh, termasuk mau dikritik dan memperbaiki diri jika ada kekurangan. Kekalahan tim juga merupakan tanggung jawab yang harus ditanggung semua anggota. Olahraga tim sangat baik untuk membangun komitmen dan rasa tanggung jawab dimana kedua hal tersebut sangat penting dan diperlukan bahkan dalam pekerjaan dan rumah tangga.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk melakukan olahraga tim? Coba ajak saja teman-temanmu atau bahkan keluargamu untuk bermain basket atau voli seminggu sekali. Jika punya masalah kesehatan, kamu bisa langsung membicarakannya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Kini kamu juga bisa melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tanpa harus keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Home Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemuimu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.