• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri Dada Sebelah Kiri, Pertanda Apa?

Nyeri Dada Sebelah Kiri, Pertanda Apa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Nyeri dada sebelah kiri sering diidentikkan dengan masalah pada jantung. Hal tersebut tidak salah, karena gangguan pada jantung dapat menimbulkan nyeri di bagian dada. Hal yang perlu kamu ketahui adalah bukan hanya masalah pada organ jantung saja yang menjadi pemicu nyeri dada sebelah kiri, tetapi rasa nyerinya sendiri juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem pernapasan dan pencernaan.

Beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri membutuhkan perawatan segera. Rasa nyerinya sendiri biasanya muncul dan disertai dengan gejala lain. Karena beberapa penyakit bisa membahayakan nyawa, maka penting untuk mengetahui penyebab nyeri dada sebelah kiri. Berikut ulasannya!

Baca juga: Selain Serangan Jantung, Ini Penyebab Nyeri Dada?

Penyakit yang Bisa Menjadi Penyebab Nyeri Dada sebelah Kiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit yang menimbulkan nyeri dada sebelah kiri bukan hanya berasal dari organ jantung saja. Berikut beberapa kondisi yang ditandai dengan sakit dada sebelah kiri:

  • Angin

Angina bukanlah penyakit, melainkan gejala dari adanya masalah pada jantung. Kondisi ini akan ditandai dengan rasa sakit, tidak nyaman, atau nyeri tertekan pada dada saat otot jantung kekurangan oksigen. Kondisi ini juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian lengan, bahu, punggung, leher, serta rahang.

Karena merupakan sebuah gejala, angina bisa diatasi berdasarkan penyebabnya. Sejumlah gejala yang muncul dapat berupa nyeri atau rasa tidak nyaman pada dada, mual, lemas, sesak napas, berkeringat, pusing, serta nyeri yang menjalar hingga lengan, bahu, punggung, leher, dan rahang.

  • Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi saat otot jantung mengalami kerusakan karena kekurangan oksigen. Kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba, yang ditandai dengan sakit dada sebelah kiri. Selain sakit dada sebelah kiri, serangan jantung juga ditandai dengan tekanan pada dada, nyeri di lengan kiri, sesak napas, keringat dingin, mual, muntah, sakit perut, pusing, serta rasa sakit di leher, rahang, punggung, atau perut.

  • Miokarditis

Miokarditis merupakan peradangan yang terjadi pada otot jantung. Otot ini bertanggung jawab pada fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Saat otot ini mengalami peradangan, maka fungsi jantung dalam mengalirkan darah seluruh tubuh akan terganggu. Akibatnya, muncul serangkaian gejala, seperti nyeri dada, gangguan irama jantung, serta sesak napas.

Baca juga: Ketahui Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

  • Perikarditis

Perikarditis merupakan peradangan yang terjadi pada perikardium, yaitu kantung yang membungkus organ jantung. Peradangan ini akan menyebabkan sakit dada sebelah kiri atau bagian tengah. Bukan itu saja, pengidapnya juga akan merasakan serangkaian gejala, seperti jantung berdebar, nyeri dada, lemas dan cepat lelah, demam, sesak napas, serta batuk.

  • Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan penyakit pada otot jantung yang membuat jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Pada beberapa kasus, gangguan ini tidak menyebabkan gejala apapun. Gejala umum yang tampak dapat berupa napas pendek, pusing, jantung berdebar-debar, serta pembengkakan di area tubuh lain. 

  • Hernia Hiatus

Bukan hanya masalah pada organ jantung saja, sakit dada sebelah kiri juga disebabkan oleh adanya masalah pada pencernaan. Hernia hiatus terjadi saat bagian atas lambung masuk ke rongga dada melalui diafragma. Gejala yang dialami meliputi nyeri pada dada, sakit di perut, nyeri ulu hati, serta asam lambung.

  • Pneumonia

Selain sakit pada dada, gejala lain dapat berupa batuk yang disertai dengan dahak, demam, kedinginan, hingga napas pendek. Pengidap pneumonia juga akan mengalami sakit kepala, penurunan nafsu makan, serta rasa lelah.

Baca juga: 5 Penyebab Terjadinya Nyeri Dada pada Wanita

Segera temui dokter di rumah sakit terdekat jika kamu mengalami serangkaian gejala sakit di dada sebelah kiri dengan gejala tertekan pada dada, sulit bernapas, mual atau muntah, rasa lemah dan pusing, serta sakit yang menghujam di lengan, leher, punggung, rahang, atau perut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Pain in the Left Side of My Chest?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes chest pain on the left side?