Nyeri Haid Ganggu Pekerjaan, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Nyeri Haid Ganggu Pekerjaan, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Banyak perempuan mengalami nyeri haid yang sangat mengganggu sampai-sampai tidak bisa berkonsentrasi saat bekerja. Sebenarnya kram atau nyeri haid ini dikarenakan rahim harus melepaskan lapisannya yang mengharuskan otot uterus berkontraksi. 

Saat berkontraksi, pembuluh darah yang memasok rahim menjadi menyempit, sehingga mengurangi aliran darah dan menyebabkan rasa sakit. Untuk mengatasi kontraksi dan penyempitan berlebih yang mengakibatkan periode haid menjadi menyakitkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankannya.

Tips Atasi Nyeri Haid

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Jean Hailes, nyeri haid hanya dianggap “normal” jika rasa sakit hanya ada pada satu atau dua hari pertama haid, rasa sakitnya hilang jika kamu minum obat penghilang rasa sakit atau menggunakan pil kontrasepsi, rasa sakit tidak sampai mengganggu kemampuan untuk melakukan aktivitas normal.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

  1. Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen kalsium dan magnesium dapat membantu merilekskan otot. Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 miligram kalsium setiap hari dan 500 miligram magnesium setiap hari. Jika kamu mengalami buang air besar, karenanya kurangi dosisnya. 

  1. Konsumsi Teh

Daun raspberry dianggap sebagai tonik uterus yang baik. Cobalah secangkir teh daun raspberry setiap hari saat masa-masa haid.

  1. Makan Lebih Banyak Sayuran 

Sayuran hijau gelap adalah sumber makanan magnesium, kalsium, dan zat gizi mikro lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Nutrisi ini sangat penting untuk memediasi kontraksi otot. Dalam terapi diet Tiongkok, sayuran hijau gelap juga dianggap sebagai pembersih ringan, yang dibutuhkan tubuh dalam kondisi "stagnasi". 

Baca juga: Waspada 4 Nyeri dan Kram Menstruasi Tanda Endometriosis

  1. Kurangi Kopi

Kafein, terutama dari kopi, adalah vasokonstriktor yang dapat membuat pembuluh darah menyempit. Jika kamu seorang peminum kopi yang tidak bisa bekerja kalau belum menenggak kopi, cobalah menghindarinya hanya dalam seminggu sebelum menstruasi dan lihat apakah kamu melihat adanya perubahan.

  1. Gunakan Bantalan Pemanas

Bantal pemanas atau botol air panas adalah cara sederhana, teruji dan benar untuk mengurangi kejang otot saat haid.

  1. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi aktivitas lain yang sejatinya direkomendasikan untuk dilakukan untuk meringankan nyeri haid. Hanya saja, kamu perlu menyesuaikan durasi dan jenis latihan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kenyamananmu.

  1. Mandi Air Panas

Mandi air panas juga bisa membantu meringankan nyeri haid. Suhu panas dapat merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga membantu kamu merasa lebih nyaman beraktivitas.

Kram adalah bagian yang cukup normal untuk mendapatkan haid, tetapi kadang-kadang orang mengalami kram menstruasi yang sangat menyakitkan, sehingga sulit untuk melakukan hal-hal sehari-hari (seperti pergi ke sekolah atau bekerja). 

Jika nyeri haid benar-benar parah, dan obat-obatan yang dijual bebas tidak membantu, bicarakan dengan dokter. Butuh informasi lebih lengkap mengenai cara mengatasi nyeri haid, tanyakan saja langsung di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Nyeri haid yang benar-benar sakit bisa menjadi pertanda:

  1. Penyakit Radang Panggul - infeksi pada organ reproduksi.
  2. Endometriosis - suatu kondisi di mana lapisan rahim tumbuh di luar rahim.
  3. Adenomyosis - ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh ke dinding otot rahim.
  4. Fibroid rahim - tumor non-kanker yang tumbuh di dalam rahim, di dinding rahim, atau di luar rahim.

Kram yang disebabkan oleh kondisi-kondisi ini dapat dimulai saat usia seseorang semakin bertambah. 

Referensi:

One medical. Diakses pada 2020. Ask An Acupuncturist: 6 Ways to Reduce Period Pain.
Jean Hailes for Women Health. Diakses pada 2020. Period Pain.