• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Alami Biang Keringat yang Ada di Rumah

Obat Alami Biang Keringat yang Ada di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Biang keringat merupakan kondisi kulit yang cukup menyakitkan yang sering terjadi pada cuaca panas. Gejalanya termasuk munculnya benjolan kecil yang menonjol pada kulit yang memerah dan teriritasi. Sensasi gatal dan seperti terbakar juga bisa menjadi gejala yang muncul ketika mengalami biang keringat. 

Meski bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, tetapi biang keringat lebih sering terjadi pada bagian lipatan kulit, seperti pada leher dan pada ketiak. Kondisi ini terjadi ketika pori-pori keringat mengalami penyumbatan karena keringat yang berlebihan. Bayi sangat rentan terserang masalah ini, terlebih ketika memakai pakaian yang terbilang gerah. 

Sering kali, biang keringat bukan menjadi masalah serius dan bisa membaik dengan sendirinya ketika suhu telah normal atau cukup sejuk. Akan tetapi, kondisi ini tetap saja mengganggu kenyamanan, terlebih jika tubuh mengalami keringat berlebihan. Agar tidak berkembang menjadi lebih buruk, kamu bisa mengatasi biang keringat dengan cara berikut:

  • Mandi Air Dingin

Biang keringat biasanya akan mereda setelah suhu berubah sejuk. Inilah mengapa, mandi dengan menggunakan air dingin dapat membantu mengatasinya. Membersihkan kulit dengan lembut juga bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Namun, pastikan kulit benar-benar kering setelah mandi, karena kulit yang dibiarkan basah bisa berujung pada iritasi. 

Baca juga: Biang Keringat pada Newborn, Ini Cara Mengatasinya

  • Menggunakan Kipas Angin atau Pendingin Ruangan

Ketika biang keringat telah membaik, hindari tubuh mengalami keringat berlebihan dan pastikan udara ruangan tidak terlalu lembap. Ventilasi sangat penting untuk membantu ruam mengering dan menjaga suhu tubuh tetap dingin. Kamu juga bisa menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan jika udara sedang panas.

  • Pakaian yang Ringan dan Antilembap

Kamu juga perlu memperhatikan bahan pakaian yang kamu kenakan. Hindari menggunakan pakaian dengan bahan yang justru bisa membuat kulit menjadi iritasi dan tubuh lebih banyak berkeringat. Pakaian yang longgar dan menyerap keringat bisa membantu menyembuhkan biang keringat tanpa membuatnya teriritasi.

  • Oatmeal

Oatmeal menjadi bahan makanan yang dipercaya untuk membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan, yang menjadikannya bahan rumahan yang berguna untuk mengatasi biang keringat dan berbagai masalah kulit lainnya. Kamu bisa membuat pasta dengan oatmeal dan air lalu mengoleskan ke kulit.

Baca juga: Awas, 7 Hal Ini Bisa Memicu Biang Keringat pada Anak

  • Obat Antihistamin

Kamu juga bisa meredakan gatal biang keringat dengan mengonsumsi obat antihistamin. Namun, supaya tidak salah dosis, lebih baik kamu tanyakan dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc, jadi kamu bisa mendapatkan diagnosis, obat, dan dosis yang tepat. Beli obat juga bisa langsung lewat aplikasi Halodoc, kok. 

  • Baking Soda

Baking soda atau soda kue dapat meredakan rasa gatal pada kulit. Sama halnya dengan oatmeal, baking soda juga membantu mengatasi biang keringat, dan beberapa masalah kulit lainnya. Kamu cukup membuatnya dengan mencampurkan tiga hingga lima sendok baking soda dengan air hangat.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya adalah antiseptik dan anti-inflamasi alami yang dapat mendinginkan kulit sekaligus mencegah terjadinya infeksi. Bahan ini juga dapat membantu meredakan bengkak dan nyeri. Gunakan gel pada lidah buaya langsung pada biang keringat untuk meredakan rasa gatal dan nyerinya.

Baca juga: Si Kecil Alami Biang Keringat karena Pakaian, Mengapa?

Hindari menggaruk ruam ketika kamu mengalami biang keringat, meski rasa gatalnya terkadang sangat mengganggu. Pasalnya, menggaruk dapat mengakibatkan lebih banyak iritasi pada kulit dan kemungkinan terjadinya infeksi.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Heat Rash.