• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Alami untuk Atasi Sariawan Anak, Seberapa Efektif?

Obat Alami untuk Atasi Sariawan Anak, Seberapa Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Obat Alami untuk Atasi Sariawan Anak, Seberapa Efektif?

Halodoc, Jakarta - Sariawan (ulkus aphthous) adalah luka yang terjadi di dalam mulut atau di gusi. Jika terjadi pada anak, mereka pasti sangat rewel dan biasanya tidak mau makan, karena mulut mereka terasa sakit jika mengunyah makanan, atau bahkan sekadar untuk bicara. Oleh karena itu, orangtua harus segera mencari obat sariawan untuk anak.

Untungnya, kebanyakan sariawan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, obat sariawan anak seperti obat rumahan juga bisa diberikan untuk meringankan gejalanya. Ingat, tidak mungkin ada obat yang bisa menyembuhkan sariawan dalam semalam, sehingga orangtua juga perlu sabar dan hati-hati jika menggunakan pengobatan alami.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?


Keefektifan Obat Sariawan Anak yang Alami

Sebetulnya semua jenis obat sariawan alami dimaksudkan untuk meringankan gejala saja. Ini karena sariawan biasanya sembuh sendiri selama beberapa hari. Namun, obat sariawan alami ini juga cukup efektif untuk meringankan gejala, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba. Beberapa jenis obat sariawan anak yang bisa diberikan antara lain:

Kumur Air garam

Membilas mulut dengan air garam adalah pengobatan rumahan yang cukup efektif. Namun, orangtua harus memahami bahwa pengobatan ini mungkin menyakitkan untuk segala jenis sariawan. Air garam akan mampu mengeringkan sariawan yang terjadi di dalam mulut. 

Larutkan satu sendok teh garam dalam 1/2 cangkir air hangat dan aduk berkumurlah dengan larutan ini selama 15 hingga 30 detik, lalu keluarkan. Ulangi setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

Kumur Soda Kue

Soda kue juga dianggap dapat mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, yang dapat menyembuhkan sariawan. Coba larutkan satu sendok teh soda kue dalam 1/2 cangkir air dan berkumurlah selama 15 hingga 30 detik dan kemudian keluarkan. Soda kue tidak akan membahayakan jika tertelan, tetapi ia sangat asin. Jadi, cobalah untuk tidak melakukannya.

Yoghurt

Penyebab pasti sariawan tidak diketahui. Beberapa mungkin disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) atau penyakit radang usus. Kultur probiotik hidup seperti lactobacillus dapat membantu memberantas H. pylori dan mengobati beberapa jenis penyakit radang usus. Secara teori, jika salah satu dari kondisi tersebut menyebabkan sariawan, makan yoghurt yang mengandung kultur probiotik hidup dapat membantu.

Untuk membantu mencegah atau mengobati sariawan, makan setidaknya 1 cangkir yogurt setiap hari.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Sariawan pada Bayi 

Madu

Madu dikenal dengan kemampuan antibakteri dan anti radangnya. Madu juga efektif dalam mengurangi nyeri sariawan, ukuran, dan kemerahan. Ini juga dapat membantu mencegah infeksi sekunder.

Untuk pemakaiannya, oleskan madu ke bagian yang sakit empat kali sehari. Namun, semua madu tidak diciptakan sama. Kebanyakan madu yang ada di toko bahan makanan pasteurisasi dengan suhu tinggi, yang menghancurkan sebagian besar nutrisinya. Madu yang tidak dipasteurisasi, tanpa filter, seperti madu Manuka adalah yang lebih baik untuk digunakan. Namun ingat, untuk bayi di bawah satu tahun, mereka belum boleh diberikan madu karena bisa memicu botulisme.

Minyak Kelapa

Obat sariawan anak selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak ini juga memiliki kemampuan antimikroba dan ia dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya menyebar. Minyak kelapa juga merupakan anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan nyeri.

Untuk menggunakan, oleskan minyak kelapa ke bagian yang sakit. Oleskan kembali beberapa kali sehari sampai sariawan hilang.

Baca juga: Waspada, Ini Penyakit di Balik Sariawan di Bibir

Itulah beberapa obat sariawan anak yang bisa dicoba. Namun, jika kamu ragu, coba diskusikan dahulu dengan dokter di Halodoc sebelum menggunakan obat sariawan anak yang alami ini. Dokter bisa kamu hubungi kapan dan di mana saja melalui smartphone-mu. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Fairview. Diakses pada 2021. When Your Child Has Mouth Sores.
Healthline. Diakses pada 2021. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores.
The Children's Mercy Hospital. Diakses pada 2021. Stomatitis.