• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Batuk yang Aman dan Alami untuk Si Kecil

Obat Batuk yang Aman dan Alami untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Batuk adalah gangguan kesehatan yang sering dialami anak-anak. Kondisi ini merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Umumnya batuk memang bersifat ringan, namun ibu mungkin merasa khawatir saat Si Kecil mengalami batuk. Kondisi ini mudah diobati dengan perawatan sederhana dan obat-obatan yang dijual bebas.

Dilansir dari WebMD, obat-obatan yang kerap diresepkan untuk mengatasi batuk contohnya, ekspektoran, dekongestan atau antihistamin jika batuk yang dialami Si Kecil disebabkan oleh alergi.  Walaupun tersedia berbagai macam obat untuk atasi batuk, terkadang ibu ingin sesuatu yang alami untuk Si Kecil. Nah, berikut obat alami yang bisa dicoba untuk mengobati batuk Si Kecil. 

Baca juga: Ini Bedanya Batuk Berdahak dan Kering pada Anak

Obat Alami untuk Atasi Batuk Si Kecil

Melansir dari Healthline, berikut perawatan alami yang bisa ibu pilih untuk mengobati batuk Si Kecil, yaitu:

  1. Air Putih

Ketika Si Kecil mengalami batuk, pastikan tubuhnya tetap terhidrasi dengan rutin memberinya air putih. Air membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga saluran udara tetap lembap. Nah, trik agar Si Kecil tidak bosan dengan minum air yaitu memberikannya jus, sup kaldu atau susu. Terpenting adalah pastikan minuman yang ibu berikan benar-benar higienis.

  1. Madu

Madu adalah pemanis alami untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Kandungan sifat antibakteri dalam madu dapat membantu melawan infeksi, sehingga cocok diberikan saat Si Kecil mengalami batuk. Ibu bisa memberi madu sebanyak satu sendok setiap hari atau mencampurkannya dengan air hangat agar mudah dikonsumsi Si Kecil. Larutan madu dan air hangat memiliki manfaat tambahan untuk membantu melembapkan tenggorokannya.

Baca juga: 9 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

  1. Gunakan Pelembap Udara

Udara yang lembap membantu mencegah saluran pernafasan Si Kecil mengering atau berlendir. Oleh sebab itu, ibu bisa mengatur suhu ruangan agar tetap lembap untuk meringankan batuk yang dialami Si Kecil. Gunakan pelembap udara atau humidifier untuk menjaga suhu ruangan tetap lembap sepanjang hari. Namun, jika ibu tidak memilikinya, ibu bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat untuk melegakan saluran pernapasan. 

  1. Oleskan Balsem

Di Indonesia, balsem sering digunakan saat hidung tersumbat, pilek atau batuk. Meskipun belum ada penelitian yang pasti mengenai khasiat balsem, sejauh ini balsem dinilai efektif untuk melegakan saluran pernapasan karena kandungan mint di dalamnya. Namun, obat yang satu ini tidak dianjurkan untuk balita karena berisiko menimbulkan iritasi. 

Apabila Si Kecil mengalami iritasi kulit sesaat setelah memakai balsem, segera hubungi dokter kulit melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan kesehatannya. Kini menghubungi dokter jauh lebih mudah dengan aplikasi Halodoc.

Baca juga: Anak Alami Batuk, Ini 5 Cara Mengatasinya

  1. Minyak Esensial

Baru-baru ini minyak esensial sedang populer untuk meredakan batuk atau nyeri otot. Minyak esensial juga tidak kalah efektif dengan balsem bahkan lebih ramah untuk kulit bayi. Meskipun begitu, tetap bicarakan dengan dokter saat ibu berencana menggunakan balsem atau minyak pada Si Kecil. Pasalnya, kandungan dalam balsem dan minyak tidak selalu aman dan tidak jelas takaran dosis penggunaannya.

Itulah beberapa obat batuk yang aman dan alami untuk anak. Apabila batuk yang dialami anak tidak kunjung sembuh, ibu bisa memeriksakan kondisi anak ke rumah sakit terdekat untuk penanganan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat a Cough in Toddlers at Home.
WebMD. Diakses pada 2020. Kids' Cold Medicines: Guidelines.