DIUREFO 40 MG 10 TABLET

DIUREFO 40 MG 10 TABLET

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Diuretik
Komposisi
:
Furosemid 40 mg
Kemasan
:
Tablet 1 X 10
Manufaktur
:
Pyridam
Aturan Pakai
:
sebelum atau sesudah makan
Dosis
:
Dewasa; sehari 1-3x 1/2-1 tablet; anak: 1-3 mg/kgBB/hari
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Gagal ginjal akut dengan anuria, koma hepatik, hipokalemia, hiponatremia dan atau hipovolamia dengan atau tanpa hipotensi atau dehidrasi.
Perhatian
:
Hipotensi, pasien yang berisiko penurunan tekanan darah secara drastis, DM laten atau manifestasi, sindrom hepatorenal, penurunan kadar protein dalam darah (hypoproteinemia misalnya pada sindrom nefrotik), bayi prematur, ketidakseimbangan elektrolit & cairan, hipovolemia atau dehidrasi. Penggunaan bersama dengan risperidone.
Interaksi Obat
:
Meningkatnya penipisan K dengan risiko hipokalemia dengan glukokortikoid, karboksolon atau obat pencahar. Efek yang dikurangi dengan NSAID, probenesid, metotreksat, fenitoin, sukralfat, agen antidiabetes atau sympatomimetik hipertensi. Peningkatan sensitivitas miokardium dengan glikosida jantung. Resiko aritmia ventrikel yang lebih besar dengan terfenadine, beberapa agen antiaritmia kelas I & kelas III. Toksisitas yang dipotensiasi dengan salisilat dosis tinggi. Efek berbahaya dari produk obat nephrotoxic misalnya, antibiotik (aminoglikosida, sefalosporin, poliminoksin). Kerusakan fungsi ginjal dapat diamati pada pasien dengan sefalosporin tertentu. Peningkatan ototoksisitas dengan aminoglikosida. Kerusakan pendengaran bisa terjadi dengan cisplatin. Peningkatan efek jantung & neurotoxic dengan lithium. Efek yang meningkat dengan teofilin, relaksan otot tipe curare. Peningkatan risiko artritis gout dengan siklosporin A.