EFOMET 500 MG 10 TABLET

EFOMET 500 MG 10 TABLET

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Sebagai terapi tambahan pada diet pasien diabetes yang tidak tergantung insulin (NIDDM) dan kelebihan BB dimana kadar gula darah tidak dapat dikontrol dengan diet saja. Digunakan sebagai obat tunggal atau sebagai kombinasi dengan sulfonilurea. Sebagai terapi tambahan pada pasien diabetes yang tergantung insulin (IDDM) yang gejalanya tidak dapat dikontrol.
Komposisi
:
Metformin HCl 500 mg
Kemasan
:
Tablet 500 Mg X 10 X 10
Manufaktur
:
Promed
Aturan Pakai
:
Diberikan setelah makan.
Dosis
:
Dewasa awal 850 mg 2 atau 3 x/hari. Maksimal: 3 g/hari. Untuk kombinasi dengan sulfonilurea awal 500 mg atau 850 mg, dapat ditingkatkan bertahap hingga diperoleh kontrol optimal. Untuk kombinasi dengan terapi insulin, insulin <60 unit/hari awal 500 mg atau 850 mg, dosis dapat dikurangi bertahap (4 unit tiap 2-4 hari).
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Koma diabetikum, ketoasidosis, gangguan fungsi ginjal, penyakit hati kronik, gagal jantung, infark miokard, alkoholik, riwayat atau kondisi yang berhubungan dengan asidosis laktat, misalnya syok atau insufisiensi paru dan penyakit yang berhubungan dengan hipoksemia. Hamil, laktasi.
Perhatian
:
Gangguan fungsi ginjal, kondisi yang dapat menimbulkan dehidrasi atau baru sembuh dari infeksi serius atau trauma, lakukan pemeriksaan vit B12 serum sesudah penggunaan jangka lama; lakukan pemantauan kadar gula darah. Pengobatan kombinasi metformin dan insulin sebaiknya dilakukan di rumah sakit. Pasien lanjut usia dengan gangguan fungsi ginjal, anak.
Interaksi Obat
:
Antikoagulan, simetidin.