SELOKEN TABLET 50 MG

SELOKEN 50 MG 10 TABLET

Kategori
:
Manfaat
:
-
Indikasi Umum
:
Hipertensi, Angina Pekroris, Aritmia jantung terutama takikardia supraventrikular, Penurunan kecepatan ventrikel pada fibrilasi atrium dan ekstra-sistole ventrikel, Paska Infark Miokard akut, Tremor Esensial pada Hipertiroidisme.
Komposisi
:
Metoprolol Tartrate 50 mg
Kemasan
:
Tablet 50 Mg X 10 X10
Manufaktur
:
AstraZeneca
Aturan Pakai
:
Sebelum atau sesudah makan.
Dosis
:
Untuk hipertensi : 100-200 mg/hari dosis tunggal (pagi) atau terbagi dalam 2 dosis (pagi dan malam). Dosis dapat ditingkatkan atau dikombinasi dengan antihipertensi lain bila respon tidak adekuat. Untuk angina pektoris : 100-200 mg/hari dibagi dalam 2 dosis, dapat ditingkatkan pada kasus berat.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Blok jantung derajat 2 dan 3, bradikardi yang tidak jelas, syok kardiogenik, gagal jantung yang tidak terkompensasi.
Perhatian
:
Penghentian terapi secara mendadak, penyakit jantung iskemik. Untuk pasien yang menjalani bedah elektif. Diabetes, dekompensasi kordis, hamil dan laktasi. Petugas anestesi harus diberitahu jika pasien sedang terapi penyekat ?.
Interaksi Obat
:
Efek aditif dengan obat-obat yang melemahkan katekolamin (misalnya reserpin) dan MAOI. Dapat menimbulkan efek stimulasi ?1-adrenergik simpatomimetik. Aditif efek negatif pada konduksi nodus SA atau AV dengan glikosida jantung, penghambat saluran Ca nondihydropyridine. Respon paradoks terhadap epinefrin dapat terjadi. Peningkatan konsentrasi plasma dengan inhibitor CYP2D6 (misalnya bupropion, cimetidine). Peningkatan risiko hipotensi dan gagal jantung dg anastesi umum depresan miokard (misalnya dietil eter). Risiko HTN paru dg vasodilator (misalnya hidralazin) pada pasien uraemic. Penurunan kadar plasma dg rifampicin. Dapat meningkatkan efek dromotropik inotropik dan negatif negatif dari obat antiaritmia (mis. Quinidine, amiodarone). Dapat mengurangi efikasi antihipertensi dengan indometasin. Dapat meningkatkan efek hipoglikemia.