YEKACILLIN TABLET 500 MG

YEKACILLIN TABLET 500 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap ampicillin seperti infeksi saluran nafas : otitis media akut, faringitis yang disebabkan streptococcus, faringitis, sinusitis. Dan pengobatan gonore, infeksi kulit dan jaringan lunak, Infeksi saluran kemih, infeksi Salmonella dan shigela .
Komposisi
:
Ampicillin trihydrate 500 mg
Kemasan
:
Tablet 500 Mg X 10 X 10
Manufaktur
:
Yekatria Farma
Aturan Pakai
:
Sediaan oral sebaiknya diberikan 1/2-1 jam sebelum makan untuk memaksimalkan penyerapan obat.
Dosis
:
Dewasa dan anak 20 kg atau lebih : 250-500 mg setiap 6 jam secara oral. Infeksi saluran pernafasan : 250-500 mg tiap 6 jam selama 5-10 hari. Bronkitis kronik 250 mg tiap 6 jam selama 1 minggu atau lebih. sistisis : 500 mg tiap 8 jam selama 10 hari atau lebih. infeksi sistemik : 250-500 mg tiap 6 jam selama 5-10 hari. infeksi saluran pencernaan 500-750 mg tiap 6-8 jam selama 5 hari. gonore : 2-3.5 gram + probenezid 1 gram sebagai dosis tunggal. anak < 20 kg : 50-100 mg/kg BB/hari dalam dosis bagi setiap 6 jam.
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Penggunaan antibiotik yekacillin (ampicillin) harus dihindari pada pasien dengan riwayat pernah mengalami reaksi hipersensitivitas pada ampicillin dan antibiotik beta laktam lainnya seperti penicillin dan cephalosporin.
Perhatian
:
Hati-hati memberikan yekacillin (ampicillin) pada penderita dengan fungsi hati dan ginjal yang rusak terutama pada pemakaian obat dalam jangka waktu panjang. Hentikan pemakaian yekacillin (ampicillin) jika terjadi super infeksi yang biasanya terjadi pada saluran pencernaan (umumnya disebabkan Enterobacter, Pseudomonas, S.aureus Candida) Antibiotik golongan penicillin termasuk ampicillin telah diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, jika yekacillin (ampicillin) digunakan untuk ibu menyusui, perlu dikonsultasikan dengan dokter. Untuk menghindari efek sensitivitas yekacillin (ampicillin) terhadap bayi, penggunaan antibiotik ini harus dilakukan dengan jarak yang cukup dengan saat menyusui.
Interaksi Obat
:
Allopurinol, antikoagulan, warfarin, probenezid, kontrasepsi oral.