YEKAPONS KAPLET 500 MG

YEKAPONS KAPLET 500 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang pada sakit gigi dan setelah cabut gigi, sakit kepala, sakit telinga, nyeri otot, nyeri sendi, demam, nyeri setelah operasi, termasuk nyeri haid, dan kadang-kadang digunakan untuk mencegah migrain berkaitan dengan menstruasi
Komposisi
:
Mefenamic acid 500 mg
Kemasan
:
Tablet 500 Mg X 10 X 10
Manufaktur
:
Yekatria Farma
Aturan Pakai
:
-
Dosis
:
Dosis lazim dewasa untuk Nyeri : 500 mg secara oral selanjutnya 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak melebihi 7 hari. Dosis lazim dewasa untuk Dismenore : 500 mg secara oral selanjutnya 250 mg setiap 6 jam dimulai saat timbulnya menstruasi. Dosis lazim Pediatric untuk Nyeri : 14 - 18 tahun : 500 mg secara oral diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak melebihi 7 hari. Penyesuaian dosis : dosis yang lebih rendah harus dipertimbangkan pada orang tua
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Jangan menggunakan yekapons (asam mefenamat) untuk pasien yang memiliki riwayat alergi terhadap yekapons (asam mefenamat), aspirin atau NSAID lainnya (misalnya, ibuprofen, celecoxib). Pasien yang akan atau telah menjalani operasi by-pass jantung sebaiknya jangan menggunakan yekapons (asam mefenamat). Obat ini juga dikontraindikasikan untuk pasien yang memiliki masalah ginjal, hati, pasien yang menderita asma, urtikaria, atau radang / tukak pada lambung atau usus. Pasien yang sedang hamil terutama di 3 bulan terakhir, sebaiknya tidak menggunakan yekapons (asam mefenamat)
Perhatian
:
Sebaiknya dipakai setelah makan atau bersama makanan. Jangan menggunakan yekapons (asam mefenamat) pada pasien yang memiliki fungsi hati dan ginjal yang buruk, sedang atau pernah memiliki sakit jantung. Jika pasien menderita hipertensi tekanan darah harus dipantau selama pengobatan. Karena NSAID dapat menyebabkan retensi cairan dan edema, perhatian harus diberikan pada pasien dengan gagal jantung atau yang sudah pernah mengalami retensi cairan. Pasien harus cukup terhidrasi (cukup cairan) sebelum menggunakan yekapons (asam mefenamat) yekapons (asam mefenamat) dapat menyebabkan pusing atau mengantuk, yang akan lebih buruk jika pasien juga mengkonsumsi alkohol. Jangan mengemudi atau menyalakan mesin selama pemakaian obat ini. Keamanan dan kemanjuran pada anak-anak < 14 tahun belum diketahui. Penggunaan pada pasien lanjut usia harus lebih hati-hati karena mereka lebih sensitif terhadap efek obat ini, terutama perdarahan perut dan masalah ginjal. Jangan menyusui saat menggunakan obat ini.
Interaksi Obat
:
Antikoagulan (misalnya, warfarin), aspirin, kortikosteroid (misalnya prednisone), heparin, atau selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) (misalnya, fluoxetine), Magnesium hidroksida (misalnya, antasida) atau probenesid, Siklosporin, lithium, methotrexate, kuinolon, Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor.