ZEDOKSIL KAPSUL 100 MG

ZEDOKSIL KAPSUL 100 MG

Kategori
:
Indikasi Umum
:
Rocky Mountain spotted fever, demam tiphoid dan golongan thyphosa, demam Q, demam rickettsialpox and tick yang disebabkan oleh Rickettsiae. Infeksi saluran nafas yang disebabkan Mycoplasma pneumoniae. Lymphogranuloma venereum, trachoma, inklusi konjungtivitis, dan uretra tanpa komplikasi, dan infeksi endoserviks atau dubur pada orang dewasa disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Psittacosis (Ornithosis) yang disebabkan oleh Chlamydia psittaci. Uretritis non-gonokokal yang disebabkan oleh Ureaplasma urealyticum. Wabah karena Yersinia pestis. Tularemia karena Francisella tularensis. Kolera disebabkan oleh Vibrio cholerae. Zedoksil (doxycycline) dapat digunakan untuk mengobati sifilis yang disebabkan oleh Treponema pallidum dan yang disebabkan oleh Treponema pertenue. Listeriosis yang disebabkan oleh Listeria monocytogenes. Infeksi Vincent yang disebabkan oleh Fusobacterium fusiforme. Actinomycosis yang disebabkan oleh Actinomyces israelii. Infeksi oleh spesies Clostridium. Zedoksil (doxycycline) juga dapat digu
Komposisi
:
Doxycycline hiklat atau monohidrat setara doxycycline 100 mg
Kemasan
:
Kapsul 100 Mg X 2 X 10
Manufaktur
:
First Medipharma
Aturan Pakai
:
-
Dosis
:
Dosis lazim dewasa dan anak di atas 8 Tahun (BB lebih dari 45 kg) : Pada hari pertama : 200 mg 1 x sehari sebagai dosis tunggal atau 100 mg setiap 12 jam. Dosis pemeliharaan : 100 mg / hari sebagai dosis tunggal atau 50 mg setiap 12 jam. Untuk mengobati infeksi yang lebih berat, terutama infeksi saluran kemih kronis, dosis bisa ditingkatkan sampai 200 mg / hari selama perioda terapi. Anak di atas 8 tahun (berat badan ? 45 kg) : Pada hari pertama : 4.4 mg / kg BB. Obat bisa diberikan sebagai dosis tunggal atau dosis terbagi dua pada hari pertama. Dosis pemeliharaan : 2.2 mg / kg BB sebagai dosis tunggal atau dosis terbagi dua. Untuk mengobati infeksi yang lebih berat, dosis bisa ditingkatkan sampai 4.4 kg / BB. Dosis untuk mengobati akne vulgaris : 50-100 mg / hari selama 12 minggu. Infeksi gonokokus tanpa komplikasi pada serviks, rektum atau uretra : Zedoksil (doxycycline) oral 100 mg 2 x sehari selama 7 hari. Disarankan dikombinasikan dengan antibiotik cephalosporin, misalnya cefixime oral 400 mg dalam dosis
Therapeutic Class
:
-
Segmentasi
:
Red
Efek Samping
:
-
Kontra Indikasi
:
Jangan digunakan untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada doxycycline atau antibiotik golongan tetracycline lainnya. Tidak boleh digunakan dalam pengobatan pediatrik rinosinusitis bakterial akut. Antibiotik golongan tetracycline tidak boleh digunakan untuk anak usia 8 tahun atau kurang dan wanita hamil.
Perhatian
:
Obat ditelan utuh bersama dengan makanan dan air yang cukup. Pemakaian harus dihentikan jika muncul ruam kulit atau tanda lain yang menunjukkan reaksi alergi. Antibiotik ini diketahui ikut keluar bersama air susu ibu (ASI). Karena efek buruk obat ini pada gigi dan tulang anak-anak, sebaiknya penggunaan obat ini selama menyusui dihindari. Penggunaaan zedoksil (doxycycline) oleh anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan tulang dan gigi, dan ibu hamil terutama trimester akhir, sangat tidak dianjurkan karena membahayakan pembentukan tulang. Pasien yang terkena sinar matahari langsung atau sinar ultraviolet lebih mudah menderita kulit terbakar jika menggunakan obat ini. Zedoksil (doxycycline) dapat menurunkan efektivitas pil KB.
Interaksi Obat
:
Susu, antasida, suplemen kalsium, produk besi, dan obat pencahar yang mengandung magnesium, metotreksat, karbamazepin, primidon, barbiturat, fenitoin, siklosporin.